Jatim Park 2, Wisata Edukasi Paket Komplet

facebooktwittergoogle_plusredditmail

jatim park 2

Baca tulisan sebelumnya di Malang, Kota Wisata Ramah Anak yang Bersahaja 

Setelah anak-anak tidur pulas di malam pertama di kota Batu, Malang, esok paginya kami mengunjungi Jatim Park. Jatim Park sendiri sebenarnya mempunyai tiga lokasi, meskipun Jatim Park 3 masih dalam pembangunan. Kami sempat bingung memilih mau ke Jatim Park 1 atau 2, dan akhirnya kami memilih Jatim Park 2 karena isinya lebih kepada wisata edukasi, sedangkan Jatim Park 1 condong ke taman bermain dan hiburan. Di Jatim park 2, teman-teman dapat mempelajari ilmu alam, biologi, geografis, terutama tentang satwa, baik yang langka, maupun yang jarang ditemui di Indonesia.

Area wisata Jatim Park 2 dibagi menjadi tiga lokasi utama, yaitu Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park. Batu Secret Zoo dan Eco Green Park sama-sama mempunyai koleksi binatang dan wahana permainan, meski berbeda jenisnya. Area Jatim Park sendiri luasnya mencapai 18 hektar, sehingga baru selesai kami kelilingi setelah seharian.

Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket

jatim park 2

Lokasi Jatim Park 2 berada di jalan Jl. Oro-oro Ombo No 9 Kota Wisata Batu – Jawa Timur Indonesia 65314 atau berjarak sekitar 750 meter dari Jatim Park 1. Nah, karena kami menginap di Pohon Inn, tinggal jalan kaki deh ke Jatim Park 2 nya, satu lokasi soalnya.
Jatim Park 2 buka setiap hari pada jam 10 pagi sampai dengan pukul 18.00 wib. Khusus untuk Eco Green Park tutup pada pukul 16.00 wib. Oleh karena itu, jika teman-teman juga berencana ke Eco Green Park, sebaiknya ke Eco Green Park terlebih dahulu baru ke Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, sehingga dapat masuk ke semuanya, tetapi kalau bawa anak sih saya sarankan rencanakan dua hari sekalian agar tidak terlalu capai.


Harga tiket Jatim Park 2 saat weekday adalah 75 ribu rupiah untuk dua objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo, dan 95 ribu rupiah bila akan ke tiga objek wisata yaitu Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park/Museum Bagong. Sementara saat weekend seharga 105 ribu rupiah untuk dua objek wisata yaitu Museum Satwa dan Secret Zoo dan 125 ribu rupiah bagi tiga objek wisata yaitu Museum Satwa, Secret Zoo dan Eco Green Park/Museum Bagong. Harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu ya teman-teman.

Oh ya, untuk anak-anak dengan tinggi badan di bawah 85 cm gratis. Kami sendiri saat di Jatim Park 2 memilih tiket yang dua objek wisata yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, alasannya simpel, karena merasa enggak kelar aja kalau masih mau ke Eco Green Park.

Batu Secret Zoo, Belajar dari Satwa

batu secret zoo

Gimana kisah dan kesan saya ketika di Jatim Park 2? Yang jelas seru! Kami memasuki pintu Batu Secret Zoo dan terlihatlah aneka satwa dalam habitat atau kandang yang layak dan bersih. Anak kedua saya sempat tidur di gendongan karena tadi bangunnya kepagian. Sedangkan Kakaknya malah santai di atas stroller sembari menikmati dan bertanya tentang hewan yang di depannya.

jatim park 2

Setelah berjalan cukup jauh, kami bertemu semacam minimarket gitu, dan di seberangnya ada kursi serta meja. Suami membeli beberapa camilan dan minum, sehingga kami dapat beristirahat dulu. Lalu kami melanjutkan perjalanan, bertemu dengan berbagai hewan yang bahkan belum pernah saya jumpai, kayak kangguru, pinguin, alpaka, brown nutria dan sebagainya.

jatim park 2

jatim park 2

Di beberapa titik ada semacam permainan edukasi mengenal mata hewan, tekstur bulu kucing besar, yang menambah pengetahuan untuk orangtua dan anak.

Dekat area reptil, terdapat beberapa penjual makanan ringan seperti pop mi, kentang goreng, tahu isi. Kami sempat beristirahat juga di sini, sekalian mengganti diapers Sara di toilet. Di seberang tempat jajan ada patung jerapah yang lucu dan tinggi, langsung deh minta di fotoin=)

jatim park 2

Ketika hari sudah beranjak siang, kami mulai lapar, sementara kami tidak membawa bekal makan siang.

jatim park 2

Alhamdulillah setelah berjalan lagi, memasuki area satwa flamingo, ada stan makanan yang menjual ayam goreng, kentang goreng, tapi enggak ada nasinya=D. Kalau anak-anak sih senang ya makan kentang dan ada lauk kriuknya.

jatim park 2

Sehabis makan, tenaga kami pun kembali. Eh, malah nemu e-bike, yaitu transportasi semacam sepeda elektrik yang bisa digunakan untuk berkeliling Jatim Park 2. Sepedanya juga ada keranjangnya, sehingga barang bawaan bisa ditaruh di sana. Sayangnya e-bike ini lokasi penyewaannya sudah setengah perjalanan, dan saat itu kami tidak tahu masih sejauh apa area Jatim Park 2, ternyata masih lumayan bo. Tahu gitu sewa aja ya e-bike nya, dan sebagai informasi, ternyata e-bike ini bisa diantar oleh petugasnya, dimanapun kita sedang berada. Hanya dengan mengirim pesan singkat (sms) ke nomor penyewaan e-bike, maka sepeda tersebut akan datang. Biayanya yaitu 100 ribu rupiah untuk tiga jam. Kami sendiri selesai mengelilingi Jatim Park 2 dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore dengan berjalan kaki. Jadi bisa dibayangkan perlu menyewa e-bike berapa lama.


Setelah makan, teman-teman akan menemukan area reptil dan satwa air. Ada ular, aneka ikan, hingga ubur-ubur.

jatim park 2

Melewati area air, teman-teman akan menemui tema Savana Afrika. Seru lho,  habitatnya dibuat seolah kayak di Afrika. Hewannya yang biasa hidup di Savana, hayo ada yang tahu satwa apa saja?

jatim park 2

Saya agak-agak lupa nih lokasi jerapah di sebelah mana. Yang jelas, teman-teman dapat memberinya makan hanya dengan membayar wortel seplastik seharga 10 ribu rupiah. Lihat deh adik Sara senang banget.

jatim park 2

Sepanjang perjalanan juga ada beberapa background terkait satwa, dan bagus untuk tempat berfoto, seperti ini.

jatim park 2

area kapal Nabi Nuh, bisa buat edukasi cerita nabi=)

Berimajinasi di Fantasy Land

jatim park 2

Setelah melewati arena kebun binatang, teman-teman akan menemukan Fantasy Land. Di tempat ini, anak-anak saya bermain berbagai wahana menarik.

jatim park 2

jatim park 2

jatim park 2

Kakak Najla dan Adik Sara naik komedi putar lagi, lalu naik semacam odong-odong pesawat-pesawatan, hingga ke playground. Semua permainan tadi bisa dimasuki secara GRATIS. Asyik, kan?

jatim park 2

Oh ya, di area ini juga ada waterpark nya, karena kami tidak tahu, jadi anak-anak tidak membawa baju renang. Padahal si Kakak pingin banget berenang. Ada sih penyewaannya, tapi enggak pada cocok bajunya. Alhasil kami membujuk untuk berenang keesokan harinya di tempat wisata lain, yaitu di Fun World. Kalau teman-teman berniat ke waterpark, lebih baik jalan di area satwanya agak cepat, agar tidak terlampau siang ketika sampai waterpark. Bukan apa-apa, panas bo=). Oh ya, di depan waterpark ini ada food court lho, lengkap setahu saya menunya.

Selain Fantasy Land, sebenarnya masih ada beberapa plang area lain, tetapi kami sudah kecapekan, sehingga memilih menyudahi keliling Jatim Park 2. Saat keluar dari Jatim Park 2, langit sudah mulai gelap. Kami memutuskan untuk kembali dulu ke hotel, karena belum mandi dan belum salat. Sebenarnya sempat ragu apakah sekalian masuk ke Museum Satwa dulu baru balik ke hotel, tetapi saat itu sudah jam 5 sore dan anak-anak (termasuk saya) sudah sangat lelah.

Sesampainya di hotel, anak-anak mandi dan bersantai. Sementara itu saya dan suami bergantian salat dan mandi. Rasanya pingin ke Museum Satwa, tetapi sudah enggak kekejar, karena tutup pukul 18.00 wib, hiks. Padahal Museum Satwa ini isinya bagus banget lho. Ada replika fosil dinosaurus, katanya juga ada ribuan satwa awetan sesuai habitatnya masing-masing. Yang enggak kalah seru, ada insectarium juga.

jatim park 2

Yang tak kalah menarik adalah arsitektur museumnya. Kakak Najla dan Adik Sara sih sudah berfoto di depannya. Next time kalau ke Batu lagi harus masuk Museum Satwa nih =)

Kalau boleh saya rangkum, ada beberapa tips nih ketika mengunjungi Jatim Park 2 :

1. Datang pagi-pagi agar cukup waktu mengelilingi area Jatim Park 2  yang begitu luas.

2. Beli tiket dengan uang pas, pikirkan terlebih dahulu mau mengambil paket apa.

3. Sejak awal pakailah e-bike jika membawa anak. Kalau tidak mau, maka bawalah stroller. Sumpah jauh lho jalannya, bisa capek beneran.

4. Jangan lupa sarapan sebelum ke Jatim Park 2, sekali lagi ini terkait dengan rute yang panjang.

5. Bawa bekal terutama air minum dan cemilan. Boleh juga bawa makan besar, terutama yang harus makan nasi. Setahu saya sih dibolehin bawa makanan dan minuman dari luar. cmiiw.

6. Kalau enggak kuat panas, jangan lupa bawa topi dan payung. Oh ya, pakai tabir surya biar enggak gosong.

7. Kalau mau berenang bawa baju renang ya, usahakan enggak kesiangan sampai di waterpark – nya.

8. Menurut saya, better masuk Museum Satwa dulu baru ke Batu Secret Zoo, biar dapat semuanya.

Ada yang mau menambahkan tips?

Disclaimer: Semua foto adalah dokumentasi pribadi, diharapkan untuk meminta izin terlebih dahulu jika ingin digunakan untuk keperluan lain.

(Visited 37 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

5 Comments

  • Chandra December 7, 2017 Reply

    Wahh pas bgt artikelnya, baru mau ke sini, gambar sepeda elektriknya seperti ap mba?
    boleh cerita pohon inn nya ga mba? Seperti rate atau makanannya.

  • yuni December 8, 2017 Reply

    wahh seru ya liburannya.. kyaknya aku mending nunggu naufal 4 apa 5 tahun aja deh.. luas banget kan ya.. tengkiuuu infonya mbak.. salam kenal

  • Ella Fitria December 10, 2017 Reply

    Woh serunya mbak dian.. Mestinya tempat penyewaan E bike tuh di pintu masuk ya, jd pengunjung bisa memutuskan mau sewa at nggak. Kl sudah setengah perjalanan mau sewa e bike yo sayang.. Hhh

  • Lidha December 10, 2017 Reply

    Waktu kesini, baru kemuseumnya aja. Itu udah gempor kaki.
    Masih nggak puas juga buat saya, masih pengen lihat hewan2nya realnya. Huu mupeng deh liat foto2 mbak :)

  • adi pradana December 11, 2017 Reply

    Pengen kesana lagi…. belum puas. Soalnya sendirian aja. Besok ajak anak-bojo ke Jatim Park 2, Semangaaaat!….

Leave a Reply

error: Content is protected !!