Facebook Ads untuk Efisiensi Pemasaran Bisnis

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Facebook

Memiliki sebuah bisnis di bidang penjualan apalagi yang bergerak dalam bidang rumah tangga, fashion dan sebagainya, pastinya membutuhkan pemasaran yang handal untuk bisa menghasilkan pendapatan yang besar.

Salah satu jenis pemasaran yang saat ini banyak dilakukan oleh orang atau badan usaha adalah internet marketing karena terbukti bisa meningkatkan area pemasaran dari sebelumnya.

Banyak cara untuk memasarkan produk di internet sendiri dimana satu diantaranya adalah menggunakan media sosial yang banyak dipakai oleh para user internet. Facebook saat ini merupakan media sosial utama yang memiliki pengguna paling banyak di Indonesia. Kini Facebook telah memiliki sarana iklan yang bisa digunakan oleh semua orang yaitu Facebook ads yang juga bisa teman-teman manfaatkan untuk menambah keuntungan.

Apa itu Facebook ads?

Ketika teman-teman membuka Facebook, pastinya sering melihat video atau gambar yang memuat pesan atau promosi produk meski sebenarnya tidak berteman atau mengikuti laman Facebook tersebut? Jika iya, maka itulah fitur iklan Facebook. Facebook bisa memberikan teman-teman slot iklan yang berbentuk video, gambar atau teks yang memuat link untuk tampil di beranda Facebook teman-teman tanpa diinginkan. Dengan begitu diharapkan teman-teman atau siapa saja yang menggunakan Facebook ketika melihat iklan yang relevan, mau membuka laman tersebut untuk kemudian mendapat informasi lebih atau hingga membeli satu produk yang dibutuhkan.


Dengan Facebook Ads, mungkin orang yang tidak membutuhkan akan merasa terganggu dengan pilihan iklan tersebut. Mereka bisa menghilangkannya dan Facebook akan otomatis mengganti pilihan iklan yang ditampilkan kemudian hari. Namun bagi yang kebetulan membutuhkannya, iklan di Facebook bisa menjadi pembantu untuk mendapatkan informasi ataupun produk yang dibutuhkan. Facebook juga mempelajari profil penggunanya untuk menampilkan iklan-iklan yang relevan.

Facebook ads, untuk apa?

Jika teman-teman memiliki sebuah usaha terutama di bidang perdagangan, maka bisa memanfaatkan Facebook ads ini untuk lebih mempromosikan produk dan laman Facebook atau website teman-teman. Ketika ingin mendaftar keanggotaan iklan di Facebook maka teman-teman bisa mengisi daftar calon customer yang diharapkan. Data calon customer bisa dipilih dari beberapa variabel berikut yaitu:

Jenis kelamin.
Usia.
Taraf pendidikan.
Lokasi.
Hobi.
Dsb.

Dengan memilih terlebih dahulu calon profil yang akan melihat iklan, maka teman-teman bisa menyeleksi profil mana yang memiliki kesempatan lebih besar untuk mengklik iklan yang teman-teman buat. Misalnya jika memiliki butik pakaian wanita, pilihlah calon customer yang berjenis kelamin wanita, dengan rentang usia matang dan berlokasi dekat dengan lokasi teman-teman. Meski begitu, bisa juga dipilih target yang lebih luas karena bisa jadi semua orang memerlukan apa yang teman-teman jual. Facebook sendiri akan menampilkan iklan secara random jika teman-teman tidak memilih secara spesifik.

Jumlah pengguna Facebook yang sangat banyak di Indonesia dengan rata-rata pembukaan aplikasi yang juga lama, sangat disayangkan apabila tidak digunakan untuk memasarkan produk jualan teman-teman. Meski Facebook mematok harga untuk menampilkan iklan di media sosial tersebut, namun cara ini bisa dikatakan adalah sebuah modal yang menghasilkan keuntungan besar apalagi untuk teman-teman yang menjual berbagai produk branded, fashion, rumah tangga hingga kerajinan tertentu. Bukan hanya produk barang, Facebook ads juga bisa menjadi laman yang tepat untuk wadah ajakan untuk berdonasi membantu sesama. Banyak iklan-iklan non komersial yang justru mendapat respon lebih positif dibandingkan iklan penjualan sehingga tepat bagi Anda yang memiliki tujuan membantu sesama.

Facebook ads bagi blogger

Tak hanya program donasi, bahkan blogger, youtuber dan public figure lainnya pun menggunakan Facebook ads untuk menyebarkan tulisan, video, ataupun branding – nya. Saya sendiri pernah beberapa kali menggunakan Facebook ads untuk promosi bisnis dan tulisan saya.

Kalau teman-teman gimana? Sudahkah mencoba Facebook Ads untuk promosi? Jika belum, apakah tertarik mencobanya?

(Visited 27 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

6 Comments

  • Eni martini August 15, 2017 Reply

    Belum nyoba, thax ya infonya

    • dian.ismyama August 16, 2017 Reply

      yuhu, cobain deh, kaklo untuk nambah pv worthed kok

  • farida August 16, 2017 Reply

    belum pernah nyoba sih. tapis epertinya hasilnya cukup menjanjikan ya..

    • dian.ismyama August 16, 2017 Reply

      iyes, apalagi kalau tertargetnya cocok dengan tujuan fb ads nya, rata2 pada meningkat omzet bisnisnya

  • Inayah August 18, 2017 Reply

    aku belum, karena jarang juga buka fb hehe

  • musisi indonesia August 24, 2017 Reply

    Keren

Leave a Reply

error: Content is protected !!