yoga festival 2018

Datang Bulan, Kiranti dan Yoga. Apa Hubungannya?

facebooktwittergoogle_plusredditmail

yoga festival 2018

Tanggal 12 Mei 2018, bertempat di Prambanan, saya menghadiri Yoga Festival 2018. Sebuah event yang diselenggarakan untuk pecinta yoga. Yogyakarta adalah kota kesekian setelah Banjarmasin, Bandung dan Jakarta. Tapi siapa kira, Yoga Festival di Yogyakarta adalah yang teramai.

Datang Bulan, Tamu Penting yang Bikin Keki

Datang bulan atau menstruasi merupakan tamu penting bagi seorang perempuan. Remaja perempuan yang hingga usia 15 tahun tidak mengalami menstruasi justru harus waspada dan memeriksakan diri ke dokter.

Datang bulan memang proses fisiologi tubuh. Tapi beberapa perempuan merasakan tanda-tanda datang bulan yang mengganggu. Misalnya saja jerawat tumbuh lebih banyak, sakit kepala, serta nyeri dan bengkak pada payudara. Belum lagi perubahan mood yang tajam, badan pegal-pegal, dan nafsu makan yang berbeda dari biasanya. Entah tambah banyak makan, atau sebaliknya.

Hal ini bikin perempuan jadi keki. Jangankan bisa beraktivitas normal. Yang ada malah pinginnya nggak keluar kamar, daripada nyakitin orang karena moody. Atau daripada badan tambah pegal. Belum lagi kalau perut nyeri. Duh maunya rebahan aja di kasur.

Kenapa datang bulan bikin nyeri?

Karena saat datang bulan, hormon prostaglandin meningkat. Hormon ini membuat otot-otot rahim berkontraksi sehingga darah meluruh, dan juga membuat bagian bawah perut menjadi nyeri. Hormon prostaglandin ini dapat menyebabkan peradangan di sekitar jaringan rahim. Makanya kita sering merasa “meriang” kan.

Kiranti, Tidak Merasa Nyeri Saat Datang Bulan? Kiranti Tetap Dapat Diminum

Selama ini kalau dengar kata Kiranti, apa yang ada di pikiran teman-teman? Kalau saya sih minuman terbuat dari jamu yang diminum saat nyeri datang bulan. Ternyata nggak hanya saya yang berpikiran seperti ini.

kiranti sehat datang bulan

Blogger Bersama Pak Harianus

Dituturkan Bapak Harianus saat Yoga Festival 2018, belum lama ini Kiranti telah melakukan riset yang meneliti perubahan dan keluhan yang dirasakan oleh perempuan saat menstruasi. Riset ini menggunakan platform social media listening. Yaitu dengan menganalisis ratusan percakapan  seputar datang bulan di media sosial. Hasilnya, sebanyak 91,4% perempuan mengalami perubahan dan keluhan fisik seperti kelelahan, nyeri perut, sakit kepala, dan kembung. Sementara 8.6% lainnya merasakan perubahan emosional di periode datang bulannya. Menarik juga melihat banyak yang mengeluhkan kelelahan selain rasa nyeri. Oleh karena itu, Kiranti menjadi solusi saat perempuan sedang datang bulan. Baik mengalami nyeri atau tidak.

Kiranti merupakan minuman untuk mengatasi masalah wanita dan memelihara kesehatan wanita. Kiranti sudah diproduksi sejak tahun 1994. Yang menarik adalah, kiranti 100% terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti kunyit, asam jawa, jahe, kayu manis, dan gula jawa. Bahan-bahan tadi sudah terbukti memberi manfaat pada kesehatan. Misalnya aja kunyit yang mengandung Kurkuminoid tinggi sehingga bermanfaat untuk meringankan nyeri datang bulan dan mengurangi peradangan.

Sementara itu, asam jawa mengandung Asam Tartrat, Asam Sitrat, Asam Apel, Vitamin B, Glavonoid, dan C-glikosid yang dapat memperlancar datang bulan, serta memberi rasa asam yang enak. Jahe diketahui dapat meringankan nyeri saat datang bulan, dan mengurangi bau tak sedap. Sedangkan kencur mengandung P-Metoksi Sinamat, Kaempferol dan Minyak Atsiri yang bermanfaat sebagai penghilang nyeri alami. Pemanis yang digunakan oleh Kiranti adalah 100% gula jawa dan gula pasir.

Varian Kiranti

Ada tiga varian Kiranti yaitu Kiranti Sehat Datang Bulan Original (botol kuning), Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice (botol oranye, berfungsi untuk membantu melancarkan menstruasi, dan mengatasi berbagai keluhan selama menstruasi), serta Kiranti Pegal Linu (botol biru, bisa diminum kapan saja, berfungsi untuk membantu mengurangi pegal linu, keletihan, sakit pada persendian, dan menghangatkan tubuh).

Apa Beda Kiranti Botol Kuning dan Botol Oranye?

Kiranti botol kuning mengandung bahan-bahan alami berkhasiat yang dilarutkan dengan air putih. Sedangkan Kiranti botol oranye bahan-bahan alaminya dilarutkan dengan air jeruk. Konsentrat jeruk yang dipakai memberikan rasa enak, segar, dan tambahan Vitamin C.

Cara Minum Kiranti

Kiranti Sehat Datang Bulan Original dan Plus Orange Juice sebaiknya diminum 3 hari SEBELUM hingga 3 hari SESUDAH datang bulan. Mengapa? Minum Kiranti 3 hari sebelum datang bulan bermanfaat untuk mencegah keluhan PMS. Minum Kiranti saat datang bulan berfungsi untuk melancarkan menstruasi dan mengurangi rasa nyeri, bau badan, pusing, dan emosi yang tidak terkontrol. Minum Kiranti 3 hari sesudah datang bulan, dimaksudkan untuk membersihkan bercak/flek sisa menstruasi. Sedangkan Kiranti Pegal Linu boleh diminum setiap hari setiap selesai beraktivitas.

Keunggulan Kiranti

  1. Alami

Kiranti 100% terbuat dari bahan-bahan alami pilihan yang dipanen langsung dari petani.

  1. Halal

Sudah tersertifikasi halal oleh MUI. Dibuktikan dengan logo dan nomor kehalalan dari MUI di botolnya.

  1. Aman

Kiranti telah mendapat sertifikasi CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) sejak tahun 2005. Selain itu, Kiranti juga satu-satunya minuman sehat wanita yang mendapat sertifikasi OHT (Obat Herbal Terstandar). OHT berarti Kiranti telah terbukti khasiatnya secara pra klinis, dan bahan bakunya sudah distandarisasi.

  1. Kemasan Botol Kaca Menjaga Kualitasnya

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa sih pakai kemasan botol? Kan ribet, berat lagi. Eits, ternyata ada alasan lho dibalik kemasan botol ini. Botol kaca adalah kemasan yang paling aman untuk menjaga kualitas Kiranti yaitu melindungi dari sinar matahari langsung. Botol kaca juga tidak mudah terkontaminasi dan tidka reaktif terhadap bahan-bahan di dalam Kiranti.

  1. Top Brand Selama 9 Tahun Berturut-turut

Kiranti telah mendapatkan Top Brand Award kategori Women’s Health Drink sejak tahun 2008 sampai tahun 2017 kemarin.

Yoga, Solusi Lain Meredakan Nyeri Datang Bulan

“Yoga is not about touching your toes, it ia what you learn on the way done.” -Jigar Gor-

Dari dulu saya memang kagum sama gerakan yoga. Posenya tidak biasa, dan membutuhkan tenaga ekstra. Kelihatannya memang nggak terlalu susah, tapi nyatanya ketika dicoba ya bikin keringat mengucur deras. Makanya saya salut sama para peserta Yoga Festival 2018. Nggak hanya perempuan muda, tapi juga ada laki-laki, ibu-ibu bahkan oma-oma lho.

Yoga Festival

Foto by @yoannafayza

Berlatar Prambanan yang menawan, matras digelar di rerumputan. Pecinta yoga duduk rapi berjejer. Mereka mengikuti rangkaian acara dengan tenang. Di kanan-kiri area Yoga Festival, berbaris tenda-tenda putih. Tenda itu berisi stand-stand, baik dari sponsor maupun komunitas yoga.

pose yoga

Peserta Yoga yang Antusias

Saat Yoga Festival 2018, saya baru tahu bahwa ada yoga pop, yoga dance, dan lainnya. Seru juga ya. Ngomong-ngomong soal yoga, ternyata ada manfaatnya untuk datang bulan lho. Yoga dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga mempercepat hilangnya rasa lelah. Oleh karena itu, ada beberapa gerakan yoga yang dapat dipraktekkan di saat datang bulan. Antara lain Child Pose, Knees to Chest Pose, Spine Twist, Forward Fold, Cat/Cow Pose, dan Corpse Pose.  Posenya seperti apa bisa di googling ya:).

Yoga adalah salah satu olahraga yang masih dapat dilakukan meski sedang datang bulan. Wah, jadi nggak ada istilah malas olahraga lagi ya saat datang bulan, kan bisa yoga!

Bagaimana keseruan Yoga Festival di mata teman saya yang lain? Cuzz baca di sini dan sini.

(Visited 97 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

4 Comments

  • Mini GK May 15, 2018 Reply

    Ibu satu ini ikutan yoga? Wuih boleh juga

  • Wiwin Pratiwanggini May 15, 2018 Reply

    Nahhh, infonya komplit nihhh seputar datang bulan, Kiranti dan yoga :)
    Yang merasa perempuan wajib baca yesss…

Leave a Reply

error: Content is protected !!