mewarnai augmented reality colouring book

Colour to Life, Mewarnai Jadi Lebih Asyik

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Halo! Perkenalkan namaku Najla. Saat ini aku berusia 6,5 tahun. Aku anak pertama dari dua bersaudara. Aku punya adik perempuan yang berusia 2 tahun. Sehari-hari, kami bersekolah. Adikku pulang sekolah pukul 11.00, sedangkan aku pulang pukul 12.30.

Sepulang sekolah, kami makan siang bersama Bunda. Setelah itu Bunda mewajibkan kami untuk tidur siang. Sorenya, kami mendapat snack sore dan bebas melakukan kegiatan yang kami senangi. Tentunya harus mandi dulu ya.

Biasanya, sehabis mandi aku bermain bersama adik atau tetangga. Aku senang bermain masak-masakan, play dough dan puzzle. Selain itu, aku juga melakukan hobiku. Hobiku menggambar dan mewarnai. Saat menggambar dan mewarnai, aku merasa gembira. Aku paling suka menggambar little pony. Sedangkan untuk mewarnai, aku sudah pernah menggunakan krayon, pensil warna, cat air dan spidol.

Mengapa Mewarnai?

mewarnai colour to life

Buatku, mewarnai itu dapat meningkatkan rasa senang. Saat mewarnai, aku berpikir untuk memilih warna-warna yang indah. Kata Bunda, mewarnai juga dapat meningkatkan imajinasi. Dengan mewarnai, kita enggak perlu khawatir soal aturan dan batas. Semuanya bebas!

Bundaku juga suka mewarnai lho. Saat sedih, Bunda corat-coret sendiri menggunakan spidol. Apalagi semenjak Bunda memiliki spidol Colour to Life dari Faber Castell. Bunda makin semangat mewarnai.

Aku jadi penasaran dengan Colour to Life. Seasyik apa sih mewarnai dengan Colour to Life? Sampai-sampai Bundaku senyum-senyum sendiri setiap mewarnai.

Pengalaman Berkuda

berkuda

Minggu kemarin, aku, Ayah, Bunda, dan adik pergi ke salah satu tempat wisata baru di Jogja. Di tempat itu ada wahana berkuda, dan memanah. Aku dan adik berani naik kuda lho. Kami juga memberi makan kuda poni dengan wortel. Pengalaman berkuda waktu itu sungguh membuatku terkenang. Makanya waktu aku melihat ada gambar orang berkuda di Augmented Reality Colouring Book, aku menjadi bersemangat.

Kata Bunda, aku bebas mau mewarnai kuda tersebut menggunakan warna apa. Karena aku sudah melihat kuda secara langsung, aku jadi tahu bahwa ada kuda yang berwarna hitam, cokelat, hingga putih.

Cara Menggunakan Aplikasi Colour to Life

Cara Mewarnai dengan Colour to Life

Kata Bundaku, pertama-tama aku harus mewarnai gambar yang ada di Augmented Reality Colouring Book. Bunda juga mengajariku cara mewarnai agar enggak membosankan. Bunda mencontek panduan yang ada di leaflet Colour to Life. Jadi, kita boleh lho membuat motif saat mewarnai. Ada motif garis-garis, zig-zag, hingga kotak-kotak. Aku bebas berkreasi sesuai yang aku mau. Mulai dari warna, motif saat mewarnai, dan sebagainya.

mewarnai augmented reality colouring book

Ada motifnya:D

Ketika aku coba, ternyata seru! Apalagi untuk gambar yang luas, mewarnai dengan cara menggambar motif membuat proses mewarnai menjadi lebih cepat. Bahkan bisa dibuat gradasi juga lho motif-motifnya. Jadi lebih hidup deh warnanya. Enggak monoton juga cara mewarnainya.

Bunda bilang agar aku mewarnai sepenuh hati, karena nanti gambarku bisa bergerak. Aku penasaran. Apa maksudnya gambar bisa bergerak? Apa gambarku bisa hidup?

Bunda juga cerita kalau Bunda senyum-senyum bukan hanya karena saat mewarnai yang menyenangkan. Tapi juga karena Colour to Life itu beda dengan lainnya. Buku mewarnainya menggunakan teknologi AR yaitu Augmented Reality. Artinya, gambar yang kita buat dapat menjadi nyata.

scan barcode colour to life

Scan aja barcodenya

aplikasi colour to life

Atau download via playstore

Setelah selesai mewarnai, Bunda men- download aplikasi Colour to Life melalui Hp nya. Bunda langsung scan barcode yang ada di kemasan Colour to Life. Kata Bunda, bisa juga download aplikasinya via Playstore. Cara download dan penggunaan Colour to Life bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=xRCCr0U5pl4

how to use colour to life

Cara download dan cara bermain

Langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Colour to Life. Lalu pilih karakter gambar yang mau dibikin bergerak.

colour to life

Buka aplikasi, lalu klik start

colour to life game

Pilih karakter sesuai yang akan di scan

scan colour to life 2

Scan dari jarak 30 cm ya

scan colour to life

Sampai warnanya hijau

Aku memilih karakter kuda dan penunggangnya. Bunda membantuku men- scan gambar Augmented Reality Colouring Book sampai terlihat warna hijau pertanda scan berhasil. Wow! Lihat deh kudanya bergerak, berkeliling di sekitar buku gambar. Warna gambar 3 dimensinya persis warna yang kupakai.

Aku ingin terus bermain. Kali ini aku memilih karakter pesawat. Aku diajari Bunda untuk scan gambar dari jarak minimal 30 cm. Yeay, berhasil! Pesawatku terbang tinggi. Ia menembus awan dan terus melaju. Seru, kan, imajinasiku?:)

scan karakter

Pilih karakter putri

mewarnai jadi lebih asyik

Putri jadi hidup

3d colour to life

Putri cantik sekali:)

Ada 5 pilihan karakter untuk dimainkan. Aku juga mencoba scan gambar putri, pesepeda, dan pelukis. Putri cantik sekali. Apalagi warna bajunya adalah warna favoritku. Pesepeda berputar-putar di udara. Sedangkan pelukis nampak manis dan misterius.

Bermain Game di Colour to Life

Selain gambar yang aku warnai bisa “hidup”, ada cara bermain lain yang sama asyiknya dari Colour to Life. Ya, aku bisa bermain game dengan kelima tokoh tadi. Yuk, ikuti pengalamanku saat mencobanya.

game colour to life

Aku mencoba bermain game dengan karakter Pogo Boy. Ternyata dia harus melompat ke batu-batu di depannya. Kalau lompatannya enggak pas, Pogo Poy bakal jatuh ke sungai. Dari game ini aku belajar keseimbangan.

Aku juga mencoba game karakter Giddy Up. Cara memainkannya mudah, yaitu kuda berjalan melewati jalur lurus. Jika ada penghalang seperti kayu atau batu, maka kuda harus dibelokkan oleh penunggangnya. Selama memainkan game ini aku belajar fokus dan konsentrasi.

Untuk game Dress Up Chalengge, sangat seru! Aku harus mengingat baju dan aksesori apa yang dipakai oleh manekin. Kalau pilihanku benar, maka aku mendapat poin. Aku sangat senang mendandani manekin:)

Selfie Bareng Karakter Favorit

Aku mengenal foto semenjak Bundaku sering memintaku untuk berfoto bersama produk-produk yang di- review oleh Bunda. Saat kami jalan-jalan, Ayah juga selalu memotretku dan Adik. Semenjak itu, aku senang memotret menggunakan handphone. Nah, di Colour to Life, ada permainan seru yaitu bisa foto selfie.

Aku tinggal buka fitur kamera, lalu selfie deh. Supaya hasilnya lebih bagus, Bunda juga membantu memotret dan mengarahkan gaya. Lihat yuk hasil fotoku.

selfie dengan colour to life

augmented reality

Seru banget kan mewarnai menggunakan Colour to Life. Mewarnai jadi lebih asyik karena bisa menjadi gambar hidup, bisa foto bareng gambar kita, dan bisa nge- game juga.

Kata Bunda, kalau teman-teman mau coba Colour to Life, tempat pembelian Produk Colour to Life ada di Tokopedia, Gramedia atau toko buku terdekat.

Mewarnai Bersama Bunda Jadi Lebih Menyenangkan

Semenjak ada Colour to Life, aku lebih sering mewarnai bersama Bunda. Bunda membantu memberi pilihan motif, lalu aku mewarnai. Setelah itu Bunda membantu scan gambarku. Aku, dan Adik melihat dengan takjub gambar kami yang bisa bergerak-gerak.

spidol faber castell

Oh ya, kalau adikku lebih suka membuat bentuk dari connector pen (tutup spidol) dan badan spidol Faber Castell. Ya, Adik Sara memang lebih suka berimajinasi melalui benda-benda yang terlihat. Adik Sara membuat pesawat, pistol, tongkat ajaib, dengan spidol Faber Castell yang bisa dirangkai. Keren ya bisa jadi mainan juga.

Aku senang sekali ketika mempunyai waktu berkualitas bersama Bunda. Adikpun bisa ikutan main. Terima kasih Colour to Life, mewarnai jadi lebih asyik.

(Visited 118 times, 2 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

41 Comments

  • Uli Hartati August 8, 2018 Reply

    memangs eru banget, aku sih suka bagian mewarnai nya saja , anak2 kebagian hepi main gamenya keren inovasi kali ini

  • Hidayati August 8, 2018 Reply

    Anak sepertinya jadi suka yaa mba…anakku pasti suka ini karena ada yg buat ceweknya ya…. makasih infonya mba

  • Andiyani Achmad August 8, 2018 Reply

    keren ya aplikasi Colour to Life, banyak manfaat yang didapet trus seru banget bisa dijadiin quality time bareng anak.

  • Leyla Imtichanah August 8, 2018 Reply

    Hai Najlaaa..hepi banget yaaa mainan Faber Castell ini.. bikin kreatiiif

  • Maria Soraya August 8, 2018 Reply

    Yang happy main colour to life bukan hanya anaknya ini ya, Ibunya juga pasti. Bisa buat altenative quality time bareng Kakak Najla ya Mak

  • Anik August 9, 2018 Reply

    Hiburan yg asyik banget ya mbk Colour to lifenya Faber Castell..

  • Sukak banget mainan Color To Life, serasa mewarnai hidup kita

  • William Giovanni August 10, 2018 Reply

    Keren banget ya Colour to Life dari Faber-Castell bagi anak-anak, terlihat riang saat mewarnai dan berfoto. Jadi sarana inovatif berbasis teknologi AR, gambar yang diwarnai jadi tampak hidup dan bergerak.

  • Dikki Cantona Putra August 10, 2018 Reply

    FaberCastel sebuah merk yang bagus dan berkualitas banget dalam hal mewarnai ya mba apalagi dengan era teknologi membuat inovasi terbaru bisa membuat gambar AR dari hasil mewarnai cukup di scan dan jadilah AR keren banget

  • Tukang Jalan Jajan August 10, 2018 Reply

    Anak anak makin terpacu kreatifitasnya terus juga bakalan happy karena karakter favorit yang dibuatnya bisa kelihatan nyata dan diajak foto bareng. sungguh inovasi tiada henti ya kak

  • Diah Kusumastuti August 10, 2018 Reply

    Selamat bersenang-senang dengan Colour to Life ya, Najla. Bunda dan adik jangan lupa diajak terus.. hehehe.. CTL memang keren yaa :)

  • Ruli retno August 10, 2018 Reply

    Aku pun senang juga pake colour to live ini mba. Sedikit mengurangi stress kerjaan rmh tangga

  • unggulcenter August 10, 2018 Reply

    Permainan inovatif nih. buat bocils. Jd mereka main hape bs produktif

  • lendyagasshi August 11, 2018 Reply

    Kaka Najla pinteerr banget siih…
    Aku boleh doonk diajariin mewarnainya…

  • Anita Makarame August 11, 2018 Reply

    Itu fotonya bisa pas gitu. Seru ya buat kreasi dan imajinasi anak-anak. Salah satu cara buat anak biar ga ketergantungan gadget atau tv.

    • dian.ismyama August 11, 2018 Reply

      haha iya bisa pas kan ya. anak2 senang karena bisa berimajinasi

  • April Hamsa August 11, 2018 Reply

    Sebelumnya aku punya connector pens yang isi 10 biji. Pas udah punya yang colour to life ini jdnya digabungin sama anak2 juga dipakai bikin mainan, seringnya sih disusun panjang kyk tongkat gtu 😀

  • Rani Yulianty August 11, 2018 Reply

    Aktivitas colour to life dari faber castell meningkatkan bonding orangtua dan anak juga ya, Najla cantik berkuda foto bareng karakter favoritnya kiyut banget

  • Rhoshandhayani KT 💕 August 11, 2018 Reply

    Huhuuu aku yo pengen punya gambar bergeraaak. Seru ya. Yang digambar jadi nyata.

    Mainan kayak gini tuh, makin meninggikan imajinasi anak2 loh. Apa yang dimimpiin anak2, suatu hari akan tercapai

  • Khairiah August 11, 2018 Reply

    Seru banget yaa mewarnai dengan xolour to life jadi ingin coba

  • Jiah August 11, 2018 Reply

    Ponakanku main2 juga sama connector pennya. Dibuat pesawat, roket. Yang paling dia suka ya mewarnai dg warna yg ngejreng

  • liza August 11, 2018 Reply

    Kak Najla happy banget saat mewarnai dan memainkan colour to life. edukatif banget memang ya

  • Nurul Fitri Fatkhani August 11, 2018 Reply

    Bukan hanya anak yang suka, emaknya juga suka. Hihihi…seru ya! Cara mewarnainya juga bisa membuat anak jadi lebih kreatif.

  • ulya August 11, 2018 Reply

    Wah wah wah
    Foto selfie-nya bikin iri. Semangat mewarnai, semangat selfie. Huhu

  • tomi August 11, 2018 Reply

    Dengan adanya faber castle colour to life, sepertinya anak-anak bisa diarahkan untuk belajar dan bermain serta meningkatkan imajinasi dan kreatifitas ya mba.. jadi anak gak hanya main game di gadget doank tapi ada sisi yg bermanfaat

  • Hellofika August 11, 2018 Reply

    CTL bisa untuk beberapa hape loh mb.. suamiku jg donwload kwwkwk jadi kami bisa main games bersama. Dari pakai Satu buku Aja… Nah kakak sama adek bisa main sekalian tuh

Leave a Reply

error: Content is protected !!