benteng prancis

Colmar Tropicale di Malaysia, Bangunan Unik Ala Kota Tua Prancis

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Saat diminta oleh suami membuat itenerary selama di Malaysia, saya menemukan nama Colmar. Batin saya saat itu adalah, wah bagus juga ya tempat ini. Bangunannya unik, dengan jendela warna-warni yang memanjakan mata.

Tempat Apakah Colmar Itu?

colmar tropicale

colmar french village

Jadi, Colmar Tropicale sebenarnya adalah resort Berjaya Hills, yang terletak di Bukittinggi, Pahang, Malaysia. Sesuai namanya, kamu dapat menginap di resort ini. Harga per kamarnya sekitar 900 ribu – 1 juta rupiah. Colmar Tropicale memang didesain khusus, semirip mungkin dengan bangunan di kota tua Colmar di Provinsi Alsace, Prancis. Khas dari bangunan tersebut adalah half timbered. Yaitu bagian muka rumah yang seperti ditempel kayu. Usut punya usut, dulunya Alsace pernah masuk wilayah Jerman, sehingga justru interior bangunannya khas Jerman.

half timbered

Half Timbered

Melihat view Colmar Tropicale yang instagramable, saya pun langsung memasukkan dalam itenerary Malaysia. Kemudian saya Googling cara untuk mencapai Colmar. Ternyata letak Colmar Tropicale ini lumayan jauh, sejam dari Kuala Lumpur jika melalui perjalanan darat. Ada beberapa alternatif transportasi yang saya dapatkan saat browsing.

Transportasi Menuju Colmar

1. Sewa Mobil

Alternatif pertama ini saya usahakan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Googling rental mobil, tanya ke teman yang tinggal di Malaysia, dan sebagainya. Jika deal sewa mobil, saya sudah membuat itenerary sedemikian rupa yaitu eksplorasi kawasan Genting (Genting Highlands, Chin Swee Temple, dan Batu Cave). Kemudian jika masih sempat maka kami akan mampir ke spot Taman Lavender.

Sampai H-1 keberangkatan, saya baru mendapat kabar dari salah satu tempat sewa mobil bahwa harga yang ia tawarkan adalah 850 RM atau hampir 3 juta rupiah. Itupun dengan rute tour Kuala Lumpur dan Bukittinggi (France Village, Japanese Village, Animal Park, Horse Riding). Padahal itenerary saya sehari sebelumnya adalah keliling KL. Dan juga tour Bukittinggi bisa dicapai menggunakan shuttle gratis yang disediakan. Setelah diskusi dengan suami, akhirnya saya tidak melanjutkan lagi penawaran sewa mobil tersebut.

2. Grab

Yup, Grab sudah beroperasi di Malaysia. Bahkan spanduknya iklannya ada di Bandara. Nggak kayak transportasi online yang diboikot di bandara dan stasiun di Indonesia, Grab berjaya di Malaysia. Dari blog https://www.chockysihombing.com/colmar-tropicale-french-village-ala-malaysia/  saya menemukan bahwa bisa naik Grab dari Genting, tapi untuk pulang ke KL dari Colmar itu yang agak susah. Belum tentu ada driver Grab yang mau ambil pesanan. Pada akhirnya traveler yang menggunakan Grab pulang ke KL dengan menelepon taksi online dan real di harga 150 RM.

Saat di Malaysia, suami sempat membuka aplikasi Grab dengan seolah-olah memesan dari Colmar ke KL. Ternyata tidak terdapat gambar mobil yang berada di sekitar Colmar. Wah, bisa berabe nih kalau sampai kami enggak bisa pulang. Oleh karena itu, alternatif naik Grab kami coret. Apalagi kami membawa anak-anak dan lansia.

3. Shuttle Servicenya Colmar Tropicale

the chateau spa organic

Tempat Pembelian Tiket Shuttle Service Colmar Tropicale

Berbekal dari blog Bang Chocky tadi, saya dan suami jadi tahu bahwa tiket shuttle bisa didapat di Berjaya Times Square lantai 8. Letaknya dekat dari lift. Saya sempat memotret bagian depan tempat pembelian tiket yang bertuliskan “The Chateau, Spa and Organic Wellness Resort”. Pintunya dari kaca yang dikunci. Jadi kalau mau masuk harus membunyikan bel dulu di bagian kanan. Setelah dibuka kuncinya, baru pintu kaca dapat didorong. Saat kami ke sana, penjaganya adalah perempuan dari India yang cukup tegas:D.

beli tiket ke colmar

Belum Ada Pembelian Onlinenya Jadi Harus Ke Sini Ya

Ternyata tiket ke Colmar untuk tanggal 9 Juli sudah habis. Akhirnya Pak Suami berinisiatif membeli tiket untuk hari berikutnya. Jadi saran saya kalau teman-teman mau ke Colmar, lebih baik beli tiket sehari sebelumnya.

Ada dua pilihan waktu keberangkatan yaitu pukul 09.30 dengan waktu kepulangan pukul 16.00 dan pilihan lainnya berangkat pukul 12.00 dengan waktu kepulangan pukul 19.30. Khawatir pulang kemalaman, suami memilih berangkat pukul setengah 10 pagi. Saya sebenarnya agak deg-degan mengingat anak-anak harus siap jam berapa nih karena harus estimasi waktu mandi, sarapan, belum nge-Grab ke Berjaya Times Square. Tapi Alhamdulillah ternyata pas hari keberangkatan, anak-anak mau kooperatif bangun pagi.

tiket colmar

Harga tiketnya sendiri 60 RM untuk dewasa, dan 55 RM untuk anak-anak. Itu sudah termasuk tiket pulang dan tiket masuk ke Colmar Tropicale dan Japanese Village.

Perjalanan Menuju Colmar

Petugas tiket mengatakan bahwa esok hari Shuttle Service Colmar Tropicale akan menjemput di bagian depan Berjaya Times Square, dekat dengan 7 eleven. Ternyata benar, lebih tepatnya shuttle tersebut parkir di pojok gedung Berjaya Times Square. Kamipun menunggu dengan duduk di lobi sebuah area yang sepertinya merupakan lobi apartemen atau hotel gitu.

shuttle service colmar

Bentuk Shuttle Service Colmar

Pukul 9.30 tepat, datanglah shuttle berwarna putih. Kalau di Indonesia bentuknya mirip mobil travel gitu. Kursi belakang bersambung bisa untuk empat orang dewasa. Kursi bagian tengah berjejer dua-dua dengan jalan kecil di tengahnya. Depannya lagi tiga kursi. Lalu dekat sopir bisa diisi dua orang.

Perjalanan menuju Colmar cukup menantang. Apalagi saya, suami dan anak-anak duduk di belakang sendiri. Guncangan begitu terasa. Sopir sudah menyarankan untuk duduk di agak depan, karena ia khawatir anak-anak akan muntah. Tapi justru anak-anak yang mau duduk berempat, dan Alhamdulillah nya mereka tidur sepanjang jalan.

Perjalanan hampir satu jam itu melewati jalan beraspal yang naik turun. Sekeliling kami perbukitan. Pantas saja enggak ada Grab di sana, daerahnya kayak area hutan tropis gitu.

Review Colmar Tropicale

benteng prancis

colmar

Akhirnya kami sampai juga di gerbang Colmar Tropicale. Benteng berwarna merah bata terlihat dari kejauhan. Di depannya terdapat bangunan nan unik dengan jendela warna-warni. Sungguh indah sekali.

jembatan colmar

Jembatan yang Megah. Di Bawahnya Ada Kolam Angsa

kolam angsa

Bendera warna-warni berkibar di jembatan menuju bagian dalam Colmar Tropicale. Dari atas jembatan, saya bisa melihat kolam berkelok dengan angsa putih dan hitam yang besar-besar. Bunga beraneka warna juga memeriahkan pinggir jembatan.

bunga colmar

Cantiknya:)

Sebelum masuk, kami ditahan oleh dua orang laki-laki. Awalnya saya kira mereka hendak menanyakan tiket masuk. Ternyata bukan, mereka berkata ingin mengambil gambar kami, dan nanti saat pulang bebas boleh diambil atau tidak. Karena enggak enak buat nolak, kami iyakan. Saat pulang, foto kami dipajang di semacam rak gitu. Tak hanya foto tapi lengkap dengan magnet kulkas dan gantungan kunci gambar kami. Tiap produk bisa diambil seharga 35 RM. Tapi kalau mau beli semuanya diskon 50RM. Wkkka pinteran ya, akhirnya kami ambil semua deh. Lumayan cute yang magnet dan gancinya.

foto colmar

Cute ya:)

Fasilitas

toilet colmar

Untuk fasilitas sendiri cukup lengkap, yaitu ada toilet di bagian depan dekat dengan self service massage (saya masuk toilet perempuannya luas banget lebih dari lima kloset duduk dengan wastafel yang banyak juga), dan ada juga di bagian ujung dekat dengan air mancur (toilet wanita ada dua kloset). Di Colmar juga terdapat surau (musola). Berbagai restoran dan toko suvenir bisa kamu masuki. Sayangnya yang jual camilan kurang banyak, hehe.

Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan di Colmar? Baca 9 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Colmar ya.

(Visited 45 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

10 Comments

  • Hastira July 23, 2018 Reply

    wah keren banget, kapan aku bisa ke sana ya

  • Rindang July 25, 2018 Reply

    Mbak, Colmar kaya di negeri dongeng ya. Cantik bgt. Blm familiar sbg destinasi wisata nih. Aku jadi mau ke sana jg nanti, tapi harus nabung dulu. Hehe

  • Rani Yulianty July 25, 2018 Reply

    Duh baca artikel dan lihat foto-fotonya bikin pengen ke Colmar juga, nggak harus jauh ke Perancis ya, coba di Indonesia ada tempat wisata seperti ini juga, ya hehehe

  • Rani Yulianty July 25, 2018 Reply

    Baca artikel dan foto-fotonya jadi mupeng ke sana, bagus ya bangunannya, bisa menikmati suasana Perancis tanpa harus ke sana, kalau di Indonesia ada juga kayaknya seru tuh

    • dian.ismyama July 27, 2018 Reply

      Iya Mbak enak ya tanpa harus jauh-jauh ke Prancis. Indonesia kemarin ada yang mirip di Bogor, Purwokerto, tapi bukan Colmar sih. Biasanya Eropa, Inggris

  • Unik yaa mba kalau bisa wisata ke kota tua seperti ini. Aku jadi kepo mau lihat foto merchandise yang cute itu. Cerita tentang Colmar Tropicale ini membuat aku ingin segera ke sana*

Leave a Reply

error: Content is protected !!