Cantik Resik Keluarga Harmonis Bersama HIJUP dan Resik V

facebooktwittergoogle_plusredditmail
“There is a woman at the begining of all great things” -Alphonse de Lamartine-

HijupMeetUpYogyakarta

Ya, pada setiap hal atau pencapaian besar, saya yakin ada peran wanita di baliknya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam hubungan berumah tangga misalnya, karir suami yang menanjak, tentu tak lepas dari keberadaan istrinya. Mulai dari menyiapkan segala keperluan suami, menjaga gizi makanannya, hingga mendoakannya. Sama halnya kesuksesan seorang anak laki-laki, tentu ada doa ibu di baliknya. Saya jadi ingat kisah seorang teman yang memang dari dulu inginnya berkarir di Jogja. Saat diterima CPNS dengan penempatan Jakarta, tentu tetap dia jalani. Siapa mengira 6 tahun kemudian, mutasi ke Jogja ia dapatkan. Saat saya tanya, bagaimana bisa secepat itu? Apa tipsnya? Ia menjawab, “doa ibu”. Meleleh deh air mata saya. Kadang kita lupa, bahwa doa wanita, terutama istri dan ibu, bisa sedemikian hebat.

Wanita yang berperan dalam keharmonisan keluarga tentu memiliki kunci tersendiri. Beberapa di antaranya akan saya rangkum di tulisan ini. 

Hijup Blogger Meet Up Yogyakarta

Blogger Jogja di #HijupMeetUpYogyakarta. Foto by @imasatrianto

Tanggal 24 November 2017, para blogger Jogja diundang oleh Hijub dalam acara #HIJUPbloggersmeetup bersama Resik V. Bertempat di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta, 34 blogger perempuan berhijau ria. Kami datang dari Jogja, Solo, bahkan Purworejo untuk menimba ilmu bersama HIJUP dan Resik V.

Hijup Blogger Meet Up Yogyakarta

Saya sendiri sangat antusias mengikuti #HIJUPevent ini. Siapa sih yang nggak kenal HIJUP? Brand ternama di bidang fashion muslimah. Karya-karyanya selalu fashionable, indah dipandang, dan nyaman dipakai. Dari segi harga memang sesuai dengan kualitasnya. Oleh karena itu, saya termasuk yang mengikuti HIJUP sejak pertama kemunculannya.

Hijup Blogger Meet Up Yogyakarta

Mbak MC berbaju hitam, berkerudung hijau lumut, membuka acara dengan hikmat. Selanjutnya ia memeriahkan suasana dengan gurauannya yang spontan dan ceria. Pada event kali ini, HIJUP mengundang Mbak Nina Septiani, seorang public figure yang juga pemenang Miss Fashion Muslimah 2017, seorang pemain film, dan penyanyi di grup Naura. Wow, dengan segudang aktivitasnya, tentu ada banyak pengalaman dan kisah yang akan beliau bagikan, batin saya.

Hijup Blogger Meet Up Yogyakarta

Dari kiri ke kanan: Bu Yuna, Mbak Nina, MC

Mbak Nina yang juga berbaju hijau, berkulit putih, naik ke atas panggung. Ternyata Mbak Nina sedang berbadan dua, anak kedua. Samaan dengan MC nya lho, lagi hamil juga. Tema event HIJUP ini adalah Cantik Resik Keluarga Harmonis, sehingga Mbak Nina menceritakan kehidupan beliau terkait hal ini.

Kunci Keharmonisan Keluarga

Mbak Nisa berkisah bahwa sejak menikah, komitmennya adalah suami yang mencari nafkah fulltime, sementara ia bekerja dengan waktu yang fleksibel. Oleh karena itu, baginya, pekerjaan menjadi entertainment, entrepreneur adalah yang paling memungkinkan. Saat ada job tetapi keluarga membutuhkan kehadirannya, maka ia akan menolak pekerjaan tersebut, karena prioritas utamanya adalah suami dan keluarga. So sweet banget ya. Saya sendiri pernah beberapa kali lho nolak kerjaan ketika dan nggak jadi datang ke sebuah acara, ketika suami bilang “nggak usah, di rumah aja ya hari ini.” Sempat kesal sih kadang-kadang, wkkka, tapi kalau berpikir toh selama senin- jumat sudah banyak acara yang saya ikuti, job yang saya ambil, jadi introspeksi dan mengiyakan kata suami.

Saya sempat menelan ludah dan tertohok ketika Mbak Nina berkata bahwa menikah itu bukan mengubah seseorang, tetapi bagaimana kita menerima orang tersebut. Kenyataannya, dua orang yang berbeda kepala, laki-laki dan perempuan, berbeda latar belakang, budaya, pendidikan, kebiasaan, jelas mempunyai pemikiran yang berbeda pula. Kalau mau disamakan rasanya tidak mungkin. Yang paling memungkinkan adalah menurunkan ego, beradaptasi, dan bertoleransi. Kalau nanya ke saya gimana hasilnya? Jawaban saya, masih berusaha dan berproses. Mbak Nina juga sempat berkata, komunikasi adalah kunci. Iya sih, saya juga merasakan bahwa pondasi pernikahan adalah komunikasi. Kalau komunikasi mampet, bisa merembet kemana-mana deh. Selingkuh, KDRT, ketidakpuasaan, biasanya berakar dari komunikasi yang nggak terjalin dengan benar. Ada yang bilang bahwa masalah dalam berkomunikasi itu sepele. Padahal justru sebaliknya, nggak bisa disepelekan.

Saat jari telunjuk menunjuk ke arah orang lain (suami/istri), ingatlah bahwa ketiga jari lainnya menunjuk ke diri sendiri. Dengan kata lain, bila ada sesuatu yang nggak mengenakkan kita, atau terjadi sebuah kesalahan, maka introspeksi diri sendiri dulu. Huaa beneran tertampar nih saya. Selama ini mah saya maunya menangan, jadi ya orang lain yang ditunjuk sebagai yang salah:(. Tahu sih kalau teorinya introspeksi diri sendiri, tapi prakteknya nggak semudah itu. Mungkin harus sering latihan ya, latihan muhasabah diri.

Cantik dan Resik Demi Keluarga

HijupMeetUpYogyakarta

Mbak Nina juga berpesan bahwa kecantikan dan kebersihan itu harus dijaga. Nggak hanya yang terlihat dari luar, tapi juga yang di dalam. Karena bagaimana pun juga, setelah menikah, maka kecantikan kita hanya untuk suami. Nggak hanya diri sendiri yang dirawat lho, suami juga harus dirawat. Jangan sampai istrinya kinclong, bajunya bagus, tapi baju suami kucel, nggak pernah ganti, hoho. Nah, Mbak Nina sendiri merawat dirinya dengan bahan-bahan alami. Ia membuat maskernya sendiri, ia menumbuk jamu sendiri, ia juga menggodok daun sirih untuk diminum dan dibasuh ke organ kewanitaannya. Semua itu dilakukannya, selain untuk diri sendiri, tentunya juga demi suaminya.

Ngomong-ngomong soal rebusan sirih, saya memang sering mendengar soal #manfaatdaunsirih ini. Tak hanya dipakai untuk mimisan, dan dikunyah bersama pinang, sirih juga turun-temurun digunakan oleh nenek moyang sebagai antiseptik. Salah satunya adalah dipercaya untuk menghilangkan keputihan di organ intim. Ketika saya menelusuri beberapa jurnal, daun sirih memang terbukti bersifat sebagai antibakteri. Daun sirih memiliki efek antibakteri yang signifikan dalam melawan mikroorganisme, seperti Streptococcus pyrogen, Staphylococcus aureus, Proteus vulgaris, E.coli, Pseudomonas aeruginosa, dan sebagainya. Selain itu, ekstrak daun sirih juga mempunyai aktivitas antibakteri melawan patogen (bakteri jahat) pada saluran kemih, seperti Enterocococcus faecalis, C.koseri, C.fruendi, Klebsiella pnemoniae, dan lain-lain. Dengan semua fakta di atas, saya sangat antusias ketika Bu Yuna Eka Kristina (Senior Public Relation PT. Kino Indonesia) menjelaskan mengenai produk baru PT. Kino, yaitu Resik V Godokan Sirih.

Tips Menjaga Kebersihan Organ Intim

Sebelum membahas tentang Resik V Godokan Sirih, Bu Yuna sempat memberikan tips untuk menjaga kebersihan organ intim, yaitu:

1. Pakailah celana dalam yang bahannya menyerap keringat dan tidak ketat

Celana dalam yang bahannya tidak menyerap keringat tentu akan mudah basah, sehingga organ intim menjadi lembab. Padahal daerah kewanitaan yang lembab berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jamur. Celana dalam yang ketat juga akan mengakibatkan kulit di sekitar organ kewanitaan susah bernafas, sehingga keringat yang keluar dapat menyebabkan kulit menjadi lembab, menimbulkan iritasi dan jamur.

2. Sering ganti celana dalam

Selain memilih bahan yang tepat, celana dalam juga sebaiknya sering diganti. Apalagi kalau teman-teman mudah berkeringat, atau memang mengalami keputihan.

3. Cara membasuh Miss V yang benar adalah dari depan ke belakang, dan selalu lap hingga kering setelah BAK (buang air kecil)

Cara membasuh yang benar ini tidak semua perempuan tahu lho. Letak Miss V memang sangat dekat dengan anus, oleh karena itu cara membersihkan area intim harus tepat. Jika teman-teman membasuh dari belakang ke depan, maka kotoran atau bakteri dari anus bisa masuk ke Miss V. Jangan lupa untuk mengeringkan area intim dengan handuk atau tidak kering setelah BAK, agar tidak lembab, dan agar celana dalam juga tidak basah.

4. Jika memakai pembalut, gantilah setiap 4-6 jam sekali

Jangan menunggu hingga pembalut penuh, nanti bakteri atau jamur keburu masuk ke Miss V, hii serem. Untuk sehari-hari sebaiknya tidak memakai panty-liner, tetapi jika terpaksa maka gunakan yang tanpa parfum. Fungsinya adalah agar organ intim tidak bersentuhan dengan benda yang mengandung pewangi, karena dapat menimbulkan reaksi dari Miss V. Oh ya, jangan lupa untuk mengganti panty-liner setiap 3-4 jam sekali

5. Apabila terjadi keputihan yang mengganggu, maka konsultasilah ke dokter

Keputihan yang gatal, berbau, dan berwarna (baik kekuningan atau kehijauan), menandakan bahwa sudah terdapat jamur atau bakteri jahat. Perlu dipastikan lebih lanjut benarkah ada infeksi pada organ intim, baik melalui pemeriksaan dokter, maupun cek laboratorium. Keputihan yang tidak diobati, bisa mengakibatkan ISK (Infeksi Saluran Kemih), makanya perlu diperiksa oleh tenaga medis.

6. Pilih bahan yang alami untuk mengatasi keputihan

Untuk #mengatasikeputihan yang belum mengganggu, pilihlah bahan alami, karena bahan tersebut sudah disediakan oleh alam untuk membantu teman-teman dalam mengatasi permasalahan di organ intim. Ketika memilih bahan alami, pilih juga yang pH-nya sesuai dengan Miiss V.

8. Gunakan Resik V Godokan Sirih untuk membersihkan organ kewanitaan

Pilih pembersih alami untuk organ intim, misalnya Resik V Godokan Sirih.

Ingin tahu lebih detail tentang Resik V Godokan Sirih? Lanjut yuk membacanya…

Resik V Godokan Sirih, asli rebusan daun sirih

Hijup Blogger Meet Up Yogyakarta

Persis seperti yang diceritakan Mbak Nina dan saya, banyak wanita yang menggunakan air rebusan #daun sirih untuk menjaga kebersihan organ intimnya. Dengan berbagai aktivitas yang padat, kadang para wanita ini tak sempat lagi bila harus menggodok sirih sendiri. Oleh karena itu, PT. Kino memberi solusi yaitu membuat rebusan daun sirih yang dikemas botolan. Wah, tentu ini sebuah inovasi baru ya. Bukan sabun yang mengandung daun sirih lho, tetapi murni hanya rebusan daun sirih. 95% isinya adalah daun sirih yang digodok, bukan diekstrak dan dimasukkan langsung ke dalam botol.

Kandungan

Selain mengandung air rebusan daun sirih, Resik V Godokan Sirih juga diperkaya ekstrak rumput fatimah.

Manfaat

Berfungsi untuk membersihkan dan menjaga kesehatan area kewanitaan, membantu mencegah dan mengatasi #keputihan, gatal-gatal, serta mengurangi bau tidak sedap.

Bu Yuna menjelaskan bahwa vagina itu sifatnya asam, jadi kalau membasuh ya menggunakan yang sifatnya asam juga, sedangkan sabun biasa itu bersifat basa. Hayo, masih ada nggak teman-teman di sini yang menggosok organ intimnya dengan sabun mandi biasa? Nah, Resik V Godokan Sirih mempunyai pH 3,5-4 sehingga sesuai dengan pH vagina dan aman dipakai. Daun sirih memang  bersifat menekan pertumbuhan bakteri, dengan kata lain tidak membunuh flora normal di vagina dan sekitarnya.

Teruji secara mikrobiologi

Resik V Godokan Sirih ini sudah secara mikrobiologi, yaitu membantu mengurangi jumlah jamur Candida Albicans penyebab keputihan. Selain itu juga sudah teruji klinis ke manusia, mengurangi dan mencegah keputihan, gatal-gatal serta menghilangkan bau tidak sedap dari area kewanitaan

Kehalalan

Yang tak kalah penting adalah, Resik V Godokan Sirih sudah berlogo halal dengan nomor 00150059761111. Bu Yuna menyatakan bahwa perlu proses panjang untuk mendapat label halal dari MUI. Mulai dari bahan baku, proses, iklan, kemasan, semuanya dicek dan diaudit per 6 bulan.

Cara penggunaan

Menurut Bu Yuna, Resik V Godokan Sirih sebaiknya dipakai oleh wanita yang sudah datang bulan, dimana menurut data, sebesar 70% wanita tersebut berpotensi mengalami keputihan. Saat datang bulan, hormonal berubah, dan penggunaan pembalut juga membuat organ kewanitaan menjadi lembab.

Cara pemakaian Resik V Godokan Sirih adalah dengan mengocok dahulu, lalu tuangkan secukupnya ke telapak tangan, dan usapkan ke area kewanitaan. Kemudian bilas hingga bersih. Resik V Godokan Sirih dapat digunakan setiap hari saat mandi, dan sebaiknya dipakai sebelum, saat dan sesudah datang bulan.

Kemasan

Saat ini tersedia satu ukuran, yaitu 100 ml. Tidak terlalu kecil, dan tidak terlalu besar ya.

Testimoni

Saya sendiri sudah mencoba Resik V Godokan Sirih selama 14 hari, pas banget ketika sedang datang bulan dan setelah datang bulan. Ketika isinya saya tuangkan di tangan, warnanya cokelat, baunya sirih banget, dan tampak encer. Terbukti bahwa ini memang asli air godokan sirih, bukan sabun. Menurut saya, area kewanitaan jadi lebih segar, dan nggak gatal lagi. Sampai hari ini sih saya merasa keputihan lumayan berkurang. Semoga keputihan saya beneran hilang dengan menggunakan Resik V Godokan Sirih secara rutin.

Hand Lettering untuk Stress Release

Hijup Blogger Meet Up Yogyakarta

Acara terakhir di #HIJUPmeetupYogyakarta adalah workshop hand lettering bersama Jogja Creatype. Saya pribadi sudah sejak lama ingin mempelajari hand lettering, tapi belum kesampaian. Berawal dari salah satu teman blogger yang sering membuat doodle dan hand lettering, otomatis keindahan karya tersebut sering muncul di timeline media sosial saya. Saya yang gumunan, tentu menjadi penasaran dengan seni ini.

belajar hand lettering

Penjelasan dari Jogja Creatype

Alhamdulillah malah dapat kesempatan belajar saat acara HIJUP kemarin. Oh ya, menurut Mbak dan Mas dari Jogja Creatype, hand lettering mempunyai manfaat untuk stress release lho. Menulis, melukis, menggoreskan kuas, akan memberikan ketenangan, sehingga secara tidak langsung mengurangi stres. Awalnya saya enggak percaya, sampai saya mencobanya lagi di rumah (saat sedang sedih nyaris stres, hehe), dan memang benar. Sejenak, hand lettering membuat saya lupa terhadap masalah yang sedang dihadapi. Emosi yang tadinya bergejolak, perlahan mereda.

hand lettering

Hari itu, kami diberi dan dipinjamkan peralatan yang dibutuhkan untuk hand lettering, antara lain, kuas, cat air, kertas latihan, tempat untuk menaruh cat air, hingga kanvas kecil untuk berkreasi. Awalnya kami diminta untuk latihan menulis tebal-tipis dengan langsung menggunakan kuas beserta cat air. Kagok dong, cara memegang kuasnya ternyata agak berbeda dengan saat melukis atau mewarnai menggunakan cat air. Ketika hand lettering, posisi kuas pada waktu membuat garis tipis dan garis tebal pun berbeda.

hand lettering

Awalnya memang susah, tapi lama-lama bisa juga lho. Setelah semua blogger berlatih menulis abjad A-Z, baik huruf besar maupun huruf kecil, barulah hand lettering yang sesungguhnya dimulai. Jika tadi latihan di kertas tipis seperti HVS, maka selanjutnya kami diberi kertas tebal mirip kanvas atau kartu pos. Di kertas tebal inilah, kami diminta berkarya dengan menggunakan hand lettering. Ada tiga pilihan kalimat yang diberikan, dan saya memilih kalimat “Femininity leads to Happiness“.
Hand lettering -nya dilombakan lho. Sesuai dugaan, teman sebelah saya menjadi salah satu juaranya, yeay! Saya sendiri alhamdulillah membawa pulang hadiah lomba instagram post, bahagianya=)

Banyak sekali ilmu yang saya dan teman-teman blogger dapatkan di #HIJUPmeetupYogyakarta. Senang deh bisa jadi lebih bersih dan resik, jadi nanti pas suami pulang (balada LDR), bisa klepek-klepek:D. Kecantikan wanita yang sudah bersuami tentu tidak hanya sebatas inner beauty saja, melainkan juga outer beauty. HIJUP membuat penampilan muslimah menjadi cantik dan elegan, sementara Resik V Godokan Sirih membuat bagian terdalam wanita menjadi bersih dan sehat.

Buat teman-teman ismyama.com yang ingin mencari baju terbaik untuk suami, bisa banget pakai kode voucher: HIJUPBMUYOGYAKARTA, senilai 50.000 rupiah, untuk pembelanjaan minimal 250.000 rupiah di HIJUP. Kode voucher berlaku hingga 31 Januari 2018 ya. Asyik, kan?

Jadi, siapa yang mau tetap Cantik Resik Keluarga Harmonis?

Referensi:

  1. Pradhan1*, Dr. K. A. Suri2 , Dr. D. K. Pradhan3 and P. Biswasroy 4, Golden Heart of the Nature: Piper betle L. , Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry Vol. 1 No. 6 2013, Page 147, ISSN 2278- 4136 ZDB-Number: 2668735-5 IC Journal No: 8192 Volume 1 Issue 6 Online Available at www.phytojournal.com

blog competition banner 2

(Visited 200 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

15 Comments

  • arifah wulansari December 10, 2017 Reply

    Wah…seru ya acaranya kemaren mak. Sayangnya aku ga bisa ikutan…semoga menang blog competitionnya ya 😊

  • Katerina December 10, 2017 Reply

    Aku suka baca sharing Mbak Nina yang mbak Dian tulis. Mencerahkan :)

    Area satu itu memang mesti resik lho hohoho

  • Rahmi December 11, 2017 Reply

    Seruuu yaa apalagi sesi belajar kaligrafinya. Punyaku mletat mletot 😅😅

  • lieshadie December 11, 2017 Reply

    Keren postnya Makdi….

  • Witri Prasetyo Aji December 11, 2017 Reply

    seruuu banget acaranya, sayangnya aku cuma jadi penontonnya dan ngiri… h

  • Ayaa cahayatheprinces December 12, 2017 Reply

    Acaranya manfaat banget ya Mbak. Aku jadi ngerti manfaat daun sirih. Kemarin Mbak Dian dapet hadiah juga kan ya, hihi.

    • dian.ismyama January 2, 2018 Reply

      iya jadi dapat banyak ilmu ya.. alhamdulillah iya Mak

  • April Hamsa December 12, 2017 Reply

    Wuaahh kyknya aku tahu nih siapa teman yang dimaksud #sokteu
    Aku gak komen produknya ah, soale dah baca beberapa postingan yang sama. Komen hand letteringnya aja, kyknya gampang tapi kalau bikin sendiri mungkin jg gk bisa kyk gtu haha. Coba diseriusin mbak, kali bisa kyk Mak Winda or Mak Tanti 😀

    • dian.ismyama January 2, 2018 Reply

      haha sopo? ora kenal Mba April. hehe. Wah handlettering kudu belajar lagi kalo mau diseriusin

  • Ety Abdoel December 14, 2017 Reply

    Selamat makdi, yeaay dobel hadiahnya.
    Semoga bisa terus harmonis sm suami ya.

  • Eni rahayu December 18, 2017 Reply

    aku belum pernah pakai hijup, tapi lain kali pasti aku coba pakai hujip..

Leave a Reply

error: Content is protected !!