#BPOMdiHatiku: Pentingnya Kesadaran akan Keamanan Obat, Obat Tradisional, Kosmetik dan Makanan di Indonesia

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Sebagai apoteker, sebenarnya saya sudah familiar dengan pentingnya keberadaan BPOM. Sebagai seorang ibu, dengan adanya pengawasan obat dan makanan oleh BPOM, tentu membuat saya merasa lebih aman dan memudahkan saya dalam memilih dan memilah mana obat dan makanan yang aman untuk anak dan keluarga. Nah, sebagai seorang blogger, ternyata ada beberapa titik kritis yang seharusnya perlu diperhatikan oleh blogger saat menerima kerjasama dengan brand, atau saat me- review sebuah produk, salah satunya adalah sudahkah produk yang akan kita review teregistrasi di BPOM?

Mungkin bagi sebagian orang, pertanyaan tadi tidak begitu penting, tapi untuk blogger, buzzer, atau influencer yang dapat mempengaruhi orang lain dalam memutuskan akan membeli produk atau tidak, tentunya hal ini berdampak besar. Bayangkan bila produk yang kita rekomendasikan ternyata nomor BPOM nya palsu, atau malah mengandung bahan berbahaya? Wah, jadi tanggung jawab moral juga dong.

Anyway ada yang belum kenal dengan BPOM kah? Kalau ada, yuk kenalan dulu.
BPOM sendiri merupakan kepanjangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Tugas BPOM meliputi pengawasan terhadap produk terapetik (produk yang dapat menyembuhkan penyakit), narkotika, psikotropika, zat adiktif (zat yang bikin kecanduan), kosmetik, obat tradisional, suplemen kesehatan, serta pengawasan keamanan pangan dan bahan berbahaya. Wuih, banyak banget ya tugas BPOM. BPOM melakukan pengawasan sejak pre market (sebelum produk beredar ke masyarakat) melalui mekanisme pendaftaran produk, dan post market yaitu setelah produk beredar di masyarakat. Jadi tugas BPOM nggak hanya inspeksi dan razia saja, tapi jauh sebelum produk beredar, BPOM sudah melakukan pengawasan keamanan. Nah, tugas BPOM yang berat ini, tentunya akan jadi lebih ringan, bila kita sebagai konsumen/ masyarakat, juga ikut berperan aktif, terutama dalam hal kesadaran akan pentingnya keamanan obat dan makanan. Paling tidak, kita dapat memilih untuk diri sendiri dan untuk keluarga, mana produk yang aman dan layak konsumsi, serta mana produk yang sebaiknya dihindari.

Saya kasih contoh nih produk-produk apa saja yang pernah ditarik dan dirazia BPOM karena mengandung bahan berbahaya, atau karena tanpa ijin edar.

Foto by IG @TravellerKaskus.com

Foto by twitter @TravellerKaskus

Foto by twitter @Jogjastudent

Foto by twitter @Jogjastudent

Obat tradisional tanpa ijin edar. Pic by twitter @Jogjastudent

Obat tradisional tanpa ijin edar. Foto by twitter @Jogjastudent

Bayangkan kalau produk di atas dipakai oleh keluarga teman-teman, duh jadi ngeri kan. Bayangkan pula bila teman-teman sebagai blogger dan influencer me- review atau merekomendasikan salah satu produk tersebut, bisa tambah banyak orang yang terjebak dengan penggunaan produk berbahaya atau tidak dapat dijamin keamanannya.
Teman-teman dapat mengecek sebuah produk aman atau tidak, dengan cara cek KLIK (Kemasan, Label, Ijin Edar, dan Kadaluwarsa).

cek KLIK BPOM

Kalau kemasan produknya sudah lecek, terbuka segelnya, atau label di kemasannya sudah pudar, wah perlu hati-hati tuh. Percaya nggak percaya, banyak juga produk yang sudah memiliki ijin edar, tapi dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, membuang kemasan atau botol obat, kosmetik, obat tradisional pun ada caranya. Termasuk membuang bekas bungkus makanan (meskipun saya sendiri jujur belum mempraktekkannya).

Baca juga Perlakukan Obat secara Istimewa dengan Dagusibu

Produk dengan masa kadaluwarsa kurang dari 7 hari (misal gorengan, jajanan pasar, jajanan anak sekolah) sebenarnya tidak diwajibkan terdaftar di BPOM. Meski demikian, konsumen juga tetap harus teliti dan waspada terhadap kandungan bahan berbahaya seperti pewarna atau pengawet yang seharusnya bukan untuk makanan. Untuk hal ini, saya dan teman-teman sebagai konsumen memang perlu baca-baca lagi, produk yang mengandung bahan berbahaya itu ciri-cirinya seperti apa.

Baca juga Bagaimana Cara Memastikan Jajanan Anak Sekolah yang Aman

Saat ini, cara pengecekan sebuah produk sudah memiliki ijin edar/ sudah terdaftar atau belum di BPOM sangat mudah kok, yaitu cukup download aplikasi “Data Produk Teregistrasi” di Play Store.

data produk teregistrasi BPOMSelain itu, teman-teman juga dapat mengecek di website cekbpom.pom.go.id dengan memasukkan merek atau nomor registrasi yang tertulis di kemasan produk (lebih disarankan memasukkan nomor registrasi karena kalau merek atau nama produk bisa jadi nama yang didaftarkan berbeda dengan yang konsumen kira). Dalam foto di bawah ini dapat dilihat tampilan dari website pengecekan nomor ijin edar BPOM.

cek bpom produk

Oh ya, untuk ijin edar ini perlu diketahui ada beberapa jenis lho, yaitu PIRT, MD, ML dan SP. Perbedaannya terletak pada skala produksi, yaitu PIRT ditujukan untuk industri skala rumahan, kecuali produk susu dan olahannya; daging, unggas, ikan dan produk sejenis yang membutuhkan penyimpanan beku; makanan kaleng dan makanan bayi; minuman beralkohol. Sementara itu, MD ditujukan untuk industri skala besar yang memproduksi sendiri produknya (di Indonesia). Sedangkan ML ditujukan untuk industri skala besar yang merupakan produk impor, baik yang diimpor langsung, maupun yang dikemas ulang di Indonesia. Terakhir, SP adalah Sertifikat Penyuluhan yang diberikan oleh Dinkes untuk pengusaha kecil dengan modal terbatas. Jadi, produk dengan nomor PIRT atau nomor SP, sama artinya dengan sudah memiliki ijin edar dari BPOM ya.

Nggak kerasa tulisan saya panjang juga nih. Terakhir saya mau kasih info penting nih soal layanan publik BBPOM Yogyakarta, yaitu layanan konsultasi pada Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK). Teman-teman bisa konsultasi mengenai obat, makanan, obat tradisional, suplemen kesehatan dan kosmetik, dengan cara datang langsung atau menghubungi sosial media BBPOM Yogyakarta. ULPK ini juga menyediakan konsultasi gratis bagi para pelaku usaha/ produsen yang ingin mendaftarkan produknya ke BPOM. Wah, jadi tahu kan ya harus kemana kalau ada problem soal obat dan makanan.

layanan publik BPOM

Semoga tulisan saya bermanfaat ya untuk teman-teman semuanya:). Kalau ada yang mau cerita soal pengalaman dalam hal keamanan dan ijin edar obat dan makanan boleh lho, feel free to coment and sharing...

(Visited 57 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

24 Comments

  • Prima Hapsari July 22, 2017 Reply

    Yg bikin kawatir makanan anak2 dan Frozen food itu kadang ngga ada tulisan dikemasan ya Mak, jadi was was kalau anak jajan sembarangan .

  • Ivonie July 22, 2017 Reply

    Aku kalau beli apapun, baik makanan atau kosmetik ya periksa nomer bpom dlu plus logo halal mui mbak.
    Btw, kerupuk yg bawah pojok itu dulu kesukaanku lho mbak

  • Katerina July 22, 2017 Reply

    Aku masih sering lalai nih soal cek ricek nomor BPOM, yang diutamakan selalu logo HALAL dulu, abis itu tgl kadaluarsa :( Harus kembali jeli kalau sudah diingatkan begini. Tfs mbak Dian, bermanfaat banget informasinya.

    • dian.ismyama August 3, 2017 Reply

      Logo halal pun yang bener yang ada nomor nya Mbak, bukan hanya tulisan arab halal. Sama2 Mbak

  • Arni July 22, 2017 Reply

    Wah lengkap ini infonya
    Memang penting banget ya ngecek ijin BPOM ini untuk tiap produk yang kita pakai, demi keamanan kita sendiri juga sebenarnya

  • arifah wulansari July 22, 2017 Reply

    Beberapa waktu lalu aku sempat baca beberapa teman blogger yg review produk yg blum ada ijin bpomnya. Produk suplemen anak, kayaknya ijinnya msh PIRT. Pdhal kalo suplemen anak dan itu beredar sampe keluar kota ijinnya hrs BPOM pake kode TR (utk kategori obat tradisional)bukan PIRT. Karena produk suplemen anak itu juga bahannya nggak tau, beneran aman dikonsumsi anak apa enggak klo blum ada ijin resmi dr BPOM. Takutnya ada BKOnya gitu. Semoga aja sih enggak.Tapi waktu itu mau ngingetin akunya malah yg gak enak. Semoga dgn adanya info ini tmn2 blogger lbh teliti kalo mau review produk.

    • dian.ismyama August 3, 2017 Reply

      Wah makasih Mbak sudah diingatkan, soalnya untuk kode seharusnya PIRT, atau bukan, memang belum banyak yang tahu. Perlu edukasi lagi nih. Ayo nulis tentang kode2 ini=)

  • Rach Alida Bahaweres July 23, 2017 Reply

    Pas bange nih. Waktu itu ada yang datang jual kosmetik di wilayah rumahku. Katanya sudah BPOM. Langsung aku cek eh teryata nggak. Penting banget ya tugasnya BPOM

    • dian.ismyama August 3, 2017 Reply

      Hiks memang banyak kosmetik yang belum berijin BPOM ya

  • Adi Pradana July 23, 2017 Reply

    Kalau obat makanan aman, makan pun tak akan waswas… Smg BPOM makin peduli. semangaaat….

    • dian.ismyama August 3, 2017 Reply

      Benar Mbak, dan sekarang nggak hanya tugas BPOM, tapi juga jadi tugas seluruh lapisan masyarakat untuk jadi konsumen cerdas

  • Grace Melia July 24, 2017 Reply

    Jajanan anak yang biasanya dijual depan sekolah itu apa kabar ya? Semoga aman dan sudah ada izin BPOM nya.

    • dian.ismyama August 3, 2017 Reply

      BPOM uji sampling Mba kalau jajanan anak sekolah. Bisa baca link yang saya kasih, saya sempat nulis di Kompasiana

  • Anggi Putri July 26, 2017 Reply

    bagiku penting banget tahu kosmetik aman atau tidak karena kan pakai setiap hari. Takut juga kalau misal ada efek-efek lain di belakang, serem

    • dian.ismyama August 3, 2017 Reply

      Bener Mbak. Kalau kosmetik efeknya baru keliatan agak lama misal ternyata berbahaya=(

  • Eni Rahayu July 27, 2017 Reply

    Sangat bermanfaat sekali. Makasih mbak. Sy selalu merusak kemasan obat atau suplemen juga biar gak dipakai lagi oknum gak tanggung jawab. Hehe

    • dian.ismyama August 3, 2017 Reply

      Bener Mbak Eny, itu salah satu langkah kepedulian kita sebagai konsumen

  • April Hamsa July 27, 2017 Reply

    Iya, kalau makanan aku periksa betul kemasan dan tanggal kadaluwarsanya. Pernah jg udah teliti gtu eh rasanya tetep gk enak, mungkin kesalahan packaging atau penyimpnan saat di gudang hiks
    Tengkyu infonya mabak Dian 😀

    • dian.ismyama August 3, 2017 Reply

      Rasa makanan nggak enak? Wew kenapa ya? Bisa jadi sih ga lolos QC ato tadi kenapa2 saat distribusi ato penyimpanan

  • LeeannKeymn August 11, 2017 Reply

    Revolutional update of SEO/SMM package “XRumer 16.0 + XEvil”:
    captchas solution of Google, Facebook, Bing, Hotmail, SolveMedia, Yandex,
    and more than 8400 another subtypes of captcha,
    with highest precision (80..100%) and highest speed (100 img per second).
    You can connect XEvil 3.0 to all most popular SEO/SMM programms: XRumer, GSA SER, ZennoPoster, Srapebox, Senuke, and more than 100 of other programms.

    Interested? There are a lot of introducing videos about XEvil in YouTube.
    You read it – then IT WORKS!
    See you later!

    XRumer201708c

  • Avito777Six August 16, 2017 Reply

    Пополение баланса Авито (Avito) за 50% | Телеграмм @a1garant

    Мое почтение, дорогие друзья!

    Будем рады предоставить Всем вам услуги по пополнению баланса на действующие активные аккаунты Avito (а также, совершенно новые). Если Вам нужны конкретные балансы – пишите, будем решать. Потратить можно на турбо продажи, любые платные услуги Авито (Avito).

    Аккаунты не Брут. Живут долго.

    Процент пополнения в нашу сторону и стоимость готовых аккаунтов: 50% от баланса на аккаунте.
    Если нужен залив на ваш аккаунт, в этом случае требуются логин и пароль Вашего акка для доступа к форме оплаты, пополнения баланса.
    Для постоянных клиентов гибкая система бонусов и скидок!
    Гарантия:

    И, конечно же ничто не укрепляет доверие, как – Постоплата!!! Вперед денег не просим… А также, гасим Штрафы ГИБДД за 65% …

    Оплата:
    ЯндексДеньги, Webmoney (профессиональные счета)
    Рады сотрудничеству!

    канал Телеграмм @t.me/avito50
    ________

    авито край
    авито работа
    кроссовки нью баланс авито
    авито купить бу
    скидки +на авито

Leave a Reply