Bimbel Offline VS Bimbel Online: Mana yang kalian Pilih?

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Pasti sudah banyak yang tau kalo akhir-akhir ini lembaga bimbingan belajar (bimbel) sudah menjamur di Indonesia. Mungkin jumlahnya ribuan, mulai dari kota-kota besar hingga pelosok nusantara. Mulai dari bimbel konvensional dengan metode belajar offline, juga bimbel digital dengan pembelajaran online. Tapi tentu saja, untuk bimbel online jumlahnya belum sampai ratusan, karena memang masih baru di Indonesia.

Nah, salah satu bimbel online di Indonesia yaitu Ruangguru, yang telah memiliki hampir 5 juta serta memiliki lebih dari 30.000 guru.  Sedangkan salah satu bimbel offline di Indonesia adalah Nurul Fikri yang memiliki 176 cabang di berbagai kota besar dengan jumlah siswa mencapai puluhan ribu setiap tahunnya.

Kedua lembaga bimbel ini memiliki kelebihan yang penting diketahui sebelum memilih tempat terbaik untuk anak belajar dan mengembangkan diri.

Kelebihan Ruangguru

Salah satu kelebihan bimbel Ruangguru yang membedakannya dengan lembaga bimbel lain adalah banyaknya materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum terbaru yang disajikan secara kreatif menggunakan video dengan animasi yang lucu.

Ruangguru 1

sumber gambar ruangguru.com

Selain itu, di Ruangguru juga semua guru-gurunya anak muda berprestasi, yang kreatif, inovatif juga interaktif. Jadi anak tidak akan canggung untuk berdiskusi dengan para guru via chatting, dan tenang  aja, gak seperti forum belanja online, guru-guru di Ruangguru sangat fast response kok. Tidak hanya itu, di Ruangguru juga bisa menentukan sendiri konten apa yang ingin dipelajari kapan pun dan di mana pun. Jadi ya gitu, praktis banget apalagi kalo kita udah males kemana-mana. Terkadang jam pelajaran sekolah yang padat dan mengharuskan anak pulang sore, bikin males buat ke mana-mana lagi. Tapi, dengan adanya Ruangguru sebagai bimbel online, jadi enak deh tinggal duduk di kasur bisa sambil belajar.

Kelebihan Nurul Fikri

Berbeda dengan Ruangguru, Nurul Fikri memiliki kelebihan lain yaitu melatih muridnya untuk dapat menyelesaikan soal-soal yang sulit. Sehingga siswa lebih mudah ketika dihadapkan dengan berbagai model soal di sekolah. Nurul Fikri juga memiliki materi unggulan yang diisi dengan nilai-nilai islami untuk menguatkan motivasi belajar siswa.

Nurul Fikri 1

sumber nurulfikri.co

Sebagai salah satu lembaga bimbel di Indonesia, biaya untuk bimbel di Nurul Fikri termasuk terjangkau dan dapat diangsur. Ruangan belajarnya pun dilengkapi AC dan bebas asap rokok. Berbeda dengan Ruangguru, guru-guru di Nurul Fikri ada yang muda dan sudah tua dan memiliki karakteristik islami.

Kekurangan Ruangguru dan Nurul Fikri

Kedua lembaga ini juga mempunyai kekurangan lho, dan supaya lebih afdol kalian juga harus mengetahuinya. Meskipun Ruangguru aplikasinya sangat asik dan mudah untuk digunakan, tapi sayangnya size aplikasinya lumayan besar sehingga menyita banyak persediaan memori kalian.

Ruangguru punya konten yang sangat berwarna sehingga kurang memiliki ciri khas. Ruangguru juga belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, karena akses internet yang belum merata juga kurangnya sales agent untuk mempromosikannya.

Ruang belajar 2

sumber gambar ruangguru.com/belajar

Berbeda dengan Ruangguru, kekurangan di Nurul Fikri lebih bersifat teknis, salah satunya adalah waktu belajar yang terlalu singkat, hanya 1 jam untuk 1 pelajaran. Hal ini tentu saja bisa disiasati dengan sering konsultasi kepada guru. Namun karena kesibukan guru, akhirnya para murid agak kesulitan untuk mendapatkan jadwalnya.

Banyak siswa dalam satu kelas juga menjadi kekurangan yang sering menjadi keluhan di Nurul Fikri. Jumlah siswa mencapai 15 hingga 20 per kelas, siswa yang ingin serius belajar pun harus menyiasati untuk bergabung dengan siswa yang memang tidak serius. Karena masih banyak anak yang ketika bimbel malah main-main.

Nah, begitulah kelebihan dan kekurangan dua lembaga bimbel besar di Indonesia. Kamu pasti punya kebutuhan tersendiri untuk belajar dan mengembangkan diri. Kamu bisa memilih Ruangguru yang membebaskanmu untuk belajar apapun secara lebih privat, kapan pun dan di mana pun. Atau kamu bisa memilih Nurul Fikri yang mengajarkan kamu menaklukkan soal-soal sulit dan juga ditambah dengan nilai-nilai islami yang diajarkan.

(Visited 41 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

18 Comments

  • Diah Kusumastuti October 25, 2017 Reply

    Asyik ya Ruangguru ini. Tapi mungkin kudu punya satu smartphone khusus ya buat instal, soalnya size-nya gedhe. Hehehe. Kalau yg offline kayak Nurul Fikri, kudu siap belajar offline sesuai jadwal, kalo bolos ya rugi yang bayar ya :)

  • Anne Lesmana October 25, 2017 Reply

    Hmm.. enak ni.. jaman anakku dah SD nanti mgkn bimbel online akan lbh banyak ya mbak..

  • rani yulianty October 25, 2017 Reply

    Waaah, sekarang asyik ya udah ada bimbel online, nggak ada alasan malas belajar

  • Cerita Bunda October 25, 2017 Reply

    zaman sekarang sudah serbamudah ya, bimbel pun bisa online

  • Putu Sukartini October 25, 2017 Reply

    Ih asik ya
    Memang nih, jaman serba digital, belajar juga bisa online
    Ini namanya cara cerdas memanfaatkan internet untuk lebih cerdas

  • Ihwan Hariyanto October 25, 2017 Reply

    Wah dunia bimbel sudah berkembang sedemikian pesatnya ya Mbak, sampe ada yang online segala. Zaman aku sekolah dulu ikut bimbel di sekolah aja sih. Makasih sharingnya jadi ada wawasan baru sebagai ortu.

    • dian.ismyama October 25, 2017 Reply

      iya zaman dlu aq plg sekolah langsung bimbel biasanya

  • Chandra October 26, 2017 Reply

    Saya pernah ikut NF pas SMU, tp emg pd dasarnya saya yg dodol…jd ga terlalu efektif untuk otak saya hehe.

    Ruang guru saya sudah lama dengar, tp msh ragu apabila untuk belajar tidak face to face langsung.

  • TRH October 27, 2017 Reply

    Pas ikut SBMPTN aku ikut gabung di program belajarnya Ruangguru kak. Belajarnya bisa via laptop jadi pas panas terik atau hujan deres yaaa masih bisa belajar #asal ada kuota internet# hehehehe

  • ivonie October 27, 2017 Reply

    bimbel sekarang makin modern ya mbak, bisa online juga. kalau di dekat rumah sini juga da bimbel sekala rumahan aja.

Leave a Reply

error: Content is protected !!