Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com, Melalui Aksi Sosial

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Kontes SEO, Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com

Berbagi bahagia itu tidak mengenal  gelar, jabatan maupun harta yang kita punya.

Bila berbagi bahagia harus menunggu kaya dulu, wah kasian dong kaum papa nggak bakalan bisa berbagi kebahagiaan.

Salah satu inspirasi kebahagiaan saya adalah seorang sahabat bernama Heni. Dia adalah founder sebuah komunitas wisata edukasi pertanian dan gerakan pemberdayaan desa-desa terpencil serta pengembangan pendidikan anak petani. Bertemu dengannya dalam sebuah acara menulis seperti oase bagi saya, sebuah kerinduan untuk ikut terjun dalam dunia sosial yang sudah lama tidak saya lakukan sejak menjadi perantau di ibukota. Maka perkenalan kami, membawa saya mencicipi menjadi relawan di beberapa program sosial.

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com - Akses Menuju Lokasi Aksi Sosial

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com – Akses Menuju Lokasi Aksi Sosial

Program pemberdayaan desa-desa tertinggal, berada di kabupaten Bogor. Saya menempuh perjalanan setengah jam dengan KRL ditambah 30-45 menit menggunakan ojek. Itu baru sampai di rumah Dik Heni. Perjalanan ke Desa tujuan dilanjutkan dengan motor maupun mobil selama kurang lebih 45 menit-1 jam. Jalanan yang belum di aspal merupakan tantangan tersendiri bagi kami para relawan. Apalagi jika musim hujan tiba, wah beceknya bisa membuat roda kendaraan terjebak, harus hati-hati.

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com, Kader Posyandu- Saya- Penduduk Desa- Bidan

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com, Kader Posyandu- Saya- Penduduk Desa- Bidan

Terhitung dua kali saya berbagi bahagia bersama sahabat sesama relawan. Yang pertama turut serta dalam acara Posyandu Bayi dan Balita, sebagai tenaga medis tentunya. Saat itu saya berpatner dengan bidan setempat. Berinteraksi dengan penduduk desa tersebut membuat saya merasa bahagia, mereka cukup welcome dengan kedatangan kami. Banyaknya bayi dan balita kurang gizi, serta jarak antar anak yang terlalu dekat, menjadi concern utama bagi program kesehatan menyeluruh di kampung ini.

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com - Kegiatan Posyandu

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com – Kegiatan Posyandu

Memang bukan perkara mudah untuk mengedukasi dan memperbaiki pola pikir masyarakat di sana, namun melihat mereka antusias menimbang anak-anaknya dan mau mendengarkan masukan dari kami adalah sesuatu hal yang tak ternilai harganya.

Tak hanya melakukan program Posyandu saja, tetapi hari itu ada dua acara lainnya, yaitu Mendongeng dan Bazar baju.

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com - Mendongeng- Lihatlah Wajah Ceria Anak-anak

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com – Mendongeng- Lihatlah Wajah Ceria Anak-anak

Lagi- lagi saya dibuat bahagia ketika menyaksikan langsung warga desa tampak bahagia bersama keluarga masing-masing. Sang anak tertawa-tawa mendengarkan dongeng seru, sang ayah memilah-milah pakaian layak pakai, sementara sang ibu menimbang terlebih dahulu balitanya baru bergabung dengan suaminya di program bazar. Sebuah hal yang mungkin bagi keluarga di perkotaan adalah hal biasa, tapi bagi mereka luar biasa. Saat itu, benar-benar terpancar wajah kebahagiaan di seluruh sudut desa. Acara pun bertambah heboh ketika relawan membagikan susu untuk anak-anak. Ya, bahkan susu pun merupakan barang mewah untuk mereka.

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com - Bazar Baju

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com – Bazar Baju

Kali kedua saya ikut serta, yaitu ketika program Layanan Kesehatan Gratis di empat desa. Saya baru bisa datang di desa terakhir, bersama dengan seorang dokter puskesmas dan seorang perawat senior, kami bertiga menjadi tim pengobatan gratis. Sebenarnya sempat kikuk, secara saat itu sudah hampir 2 tahun saya nggak berpraktek kefarmasian, hehe, tapi alhamdulillah berjalan dengan lancar. Perawat mendata pasien sekaligus memeriksa tekanan darahnya, dokter memeriksa kondisi fisik dan gejala yang dialami pasien, lalu menulis resep, sementara saya dibantu beberapa adik-adik mahasiswa menyiapkan obat dan menyerahkan pada pasien. Jumlahnya, hampir 100 orang hari itu, walaupun ya sakitnya dan obatnya itu-itu saja, hehe. Benar-benar berbagi bahagia yang sebenarnya lumayan capek tapi senang, worthed.

Di posko yang berbeda, saat itu juga ada pengajian keliling yang merupakan program  komunitas tersebut bekerjasama dengan masyarakat sekitar. Pun bagi-bagi bubar sumsum gratis kepada anak-anak, sebagai bagian dari program peningkatan gizi anak. Ah, rasanya ingin berlama-lama dan sering-sering ikut serta menjadi relawan berbagi bahagia di sana, tapi apa daya, lokasi yang lumayan jauh ditambah nggak bisa lama-lama meninggalkan anak menjadi kendala saya.

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com, Menjadi Bagian dari Aksi Sosial

Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com, Menjadi Bagian dari Aksi Sosial

Bagaimanapun juga, saya sangat berterima kasih kepada teman-teman di komunitas tersebut atas kesempatannya untuk ikut menebar kebahagiaan. Sungguh, mereka menjadi inspirasi kebahagiaanku.

Begitu juga berbagi bahagia bersama TabloidNova.com, yang sudah lama menjadi sumber informasi dan rujukan berbagai hal tentang wanita, baik sebagai individu di masyarakat, perannya sebagai istri dan ibu, serta perannya sebagai makhluk sosial. TabloidNova.com juga menjadi sumber inspirasi kebahagiaanku.

(Visited 111 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

4 Comments

Leave a Reply

error: Content is protected !!