pulau lengkuas

Belitung, Paket Wisata ke Destinasi Impian

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Saya pertama kali mengenal Belitung karena Mama saya berasal dari Bangka. Dulu, Bangka Belitung merupakan satu provinsi. Meski orangtua berdarah Bangka dan saya beberapa kali mudik ke Bangka, tapi saya belum pernah ke Belitung. Saat novel Andrea Hirata populer, nama Belitung menjadi terangkat. Pantainya yang indah tiada dua, menarik banyak orang untuk singgah, termasuk saya.

Singkat cerita, beberapa bulan lalu, suami saya ada acara kantor ke Belitung. Sempat diajakin sih, tapi nggak jadi, karena beberapa hari sebelumnya saya sudah keluar kota, jadi tepar deh. Nah, Pak Suami habis dari Belitung heboh banget bilang bahwa tempatnya indah. Pantainya berpasir putih dan airnya jernih. Batuan di pantai juga besar-besar, gagah dan cantik. Saya dikirimi foto dan videonya, duh mupeng. Jadilah saya juga pingin menikmati lanskap Belitung yang seindah surga.

Kalau ke Belitung, bakal kemana saja ya?

1. Pulau Lengkuas

pulau lengkuas

mercusuar pulau lengkuas

Kelihatan, kan mercusuarnya?

Selain pantainya yang memesona, Pulau Lengkuas terkenal dengan mercusuarnya. Mercusuar ini sudah berdiri sejak tahun 1882. Dari atas mercusuar, kita dapat melihat pemandangan sekitar pulau dan seberang pulau. Jadi, di dekat Pulau Lengkuas ini, terdapat pulau-pulau kecil lainnya, sehingga menambah indah panorama. Selain itu, snorkling di Pulau Lengkuas juga menjadi tujuan saya. Kabarnya, terumbu karangnya bagus banget. Begitu juga dengan ikan dan biota laut lainnya, berwarna-warni.

2. Belitung Tempoe Doeloe

uma makan belitong timpo duluk
Belitung Tempoe Doeloe adalah nama tempat makan aneka seafood. Yang bikin betah di Belitung salah satunya memang kulinernya. Ikannya segar-segar. Menu laut lainnya, sama segarnya. Yang unik dari restoran ini adalah makanan yang disajikan berasal dari resep sejak tahun 1918. Selain itu, dekorasi ruangan dan arsitektur restorannya juga menampakkan khas Belitung tempo dulu. Seolah-olah pengunjung diajak menyusuri waktu, menikmati menu masa lalu dan makan di warung zaman dulu. Unik, kan?

3. Pantai Batu Banyak

pantai laskar pelangi

Sampai ada plangnya Pantai Laskar Pelangi

pantai batu banyak

Wow batunya besar-besar ya

Pantai ini merupakan tempat syuting film Laskar Pelangi. Keberadaan batu yang besar, kecokelatan di bibir pantai, menambah keelokannya. Terbayang, aura kegigihan dari tokoh-tokoh Laskar Pelangi, akan merasuk di kalbu, kala saya menghabiskan waktu di Pantai Batu Banyak.

4. Kong Djie Coffee

kong djie coffee belitung
Belitung memang terkenal sebagai negeri kopi. Banyak kedai kopi yang berdiri di Belitung. Ngopi sembari mengobrol adalah budaya yang melekat pada penduduk Belitung. Ibarat ngeteh sambil makan gorengan lah kalau di Jawa. Di Belitung ada satu kedai kopi yang lain daripada lainnya. Namanya Kong Djie Coffee, berdiri sejak tahun 1943. Wah, bahkan sebelum Indonesia merdeka, kedai kopi ini sudah ada. Kopi hitam, kopi dengan susu, pilihan apapun ada. Segelasnya dihargai mulai dari 8.000 hingga 15.000 rupiah. Ada juga makanan seperti mi rebus, mi goreng, roti bakar, pisang keju dan cokelat, serta singkong rebus dan goreng. Untuk makanan, cukup membayar 10.000 rupiah sampai 15.000 rupiah/porsi.

5. Museum Kata Andrea Hirata

museum literasi indonesia

Pria dibalik foto-foto di Belitung:)

Belitung memang booming lagi semenjak novel dan film Laskar Pelangi laris di pasaran. Apalagi penulis kisahnya, Andrea Hirata, mendirikan Museum Kata. Museum ini adalah Indonesia First Literary Museum, yang didirikan sejak tahun 2010. Kita perlu berbangga diri, bahwa Indonesia memiliki anak bangsa yang karyanya juga diakui oleh dunia.

syair andrea hirata

Museum ini berisi syair-syair yang ditulis oleh Andrea Hirata, yang didesain sedemikian rupa, menyatu dengan berbagai ornamen dan ruangan. Ada juga foto-foto Laskar Pelangi, tertata dengan apik.

6. Kampung Ahok

kampung ahok belitung
Siapa yang tak kenal Ahok? Pria kelahiran Belitung ini pernah menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta. Sepak terjangnya di panggung politik juga patut diperhitungkan. Di Belitung, berdiri Kampung Ahok, yaitu desa tempat Ahok dilahirkan.

suvenir kampung ahok

Aneka macam suvenir

Di sini terdapat beraneka macam suvenir dengan desain tokoh Ahok, seperti kaos, gantungan kunci, gelas, dan sebagainya. Ada juga beragam makanan kemasan yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh lho.

7. Mie Atep

mie atep belitung

mie atep

Mi dengan kuah kaldu udang

Mie Atep Belitung terletak di pusat kota Tanjung Pandan. Mie Atep merupakan kuliner khas Belitung yaitu mie kuning yang disiram kuah udang dan ditaburi bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo dan taoge. Yummy, membayangkannya saja air liur saya sudah menetes. Katanya, yang bikin enak adalah kuah kentalnya yang berasal dari kaldu atau rebusan udang yang diberi bumbu.

Tak hanya wisata alam Belitung saja yang menggoda, tapi juga kulinernya. Saya membayangkan bakal betah di Belitung. Alam yang asri, ditambah makanan enak, paket lengkaplah! Ngomongin soal paket, saya sudah hunting tiket ke Belitung jauh-jauh hari lho. Nggak cuma tiket pesawat, tapi juga hotel untuk menginap. Terus terang, saat mencari tiket pesawat dan hotel, waktu yang saya keluarkan cukup banyak. Jadi berasa kerja dua kali gitu. Eh, pas lagi ngecek harga, saya malah menemukan paket pesawat hotel traveloka.

tiket pesawat ke belitung

Isi airport asal dan tujuan, serta tanggal keberangkatan

 

tiket pesawat traveloka

Tiket pesawat sudah didapat

 

paket wisata traveloka

Pastikan tanggal pesawat dan menginap sudah sesuai

hotel belitung

Tinggal pilih hotek sesuai kebutuhan dan keinginan

Ketika saya coba, ternyata pesan paket pesawat+hotel secara barengan, lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun. Siapa sangka, ada paket wisata yang ke Belitung, sesuai destinasi impian saya.

Apa saja keuntungan memesan paket pesawat hotel traveloka ke Belitung?

1. Hemat waktu dan mudah

paket pesawat hotel traveloka

Produk paket tiket+hotel ini mudah digunakan, sehingga tidak perlu lagi memesan tiket & hotel secara terpisah. Sekali langkah, dua tujuan terlampaui.

2. Harga lebih murah

paket hemat belitung

Beneran lebih hemat lho

Yang namanya paket itu, biasanya ada keunggulan soal harga. Nah, sama kayak paket pesawat hotel yang bakal saya pesan ke Belitung. Lihat deh, harganya lebih miring lho. Awalnya 1 juta rupiah lebih, jadi hanya membayar 800-an ribu rupiah. Lumayan banget sisa uangnya bisa dipakai untuk makan seafood dan beli oleh-oleh tambahan di Belitung.

3. Metode pembayaran banyak pilihan dan mudah

payment traveloka

pembayaran traveloka

Sewaktu akan membayar, ada beberapa pilihan metode pembayaran. Asyik, bisa pilih mau via ATM, ebanking, ke supermarket rekanan, atau metode lain. Cara bayarnya juga mudah.

Menurut teman-teman gimana rencana wisata saya? Sudah matang, kan? Ada yang mau liburan ke destinasi impian juga kah? Kalau iya, saya rekomendasikan mencoba paket pesawat hotel Traveloka. Nggak hanya ke Belitung saja lho, tapi ada paket ke Lombok, Bali, Dieng, Makasar, Raja Ampat, bahkan ke luar negeri seperti Seoul, Manila dan Shanghai. Banyak kan pilihan destinasinya? Paket wisata pesawat hotel traveloka nggak cuma memudahkan pemesanan, tapi juga hemat.

Yuk mulai pilih paket pesawat hotel traveloka mulai dari sekarang, tentukan destinasi impian liburanmu, dan pesan paket wisatanya=)

Note: Semua foto adalah dokumen pribadi, dipotret oleh @juan_fitrianto

(Visited 156 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

39 Comments

  • Nomor 6 bikin tercengang…. Btw itu pantai batu pasti banyak dikunjungi lumayan buat upload di Instagram :)

  • tomi March 27, 2018 Reply

    saya tahun 2017 kemarin juga ke Belitung selama 4 hari disana dan seruuu banget.. Itu batu banyak atau pantai kelayang ya namanya yg untuk shooting laskar pelangi?
    Oh ia selain tempat diatas, wajib coba untuk ke Pulau Leebong juga.. dijamin keren abiiiissss

  • zefy March 27, 2018 Reply

    Beruntunglah kita semua yang sudah dikenalkan oleh Andrea HIrata dengan pulau Belitung. Dulu mana ada yang cerita tentang indahnya pulau ini, kakek aja dulu main ke sana ga cerita kalau tempatnya bagus hahaa….

    Diam-diam wea

    • dian.ismyama March 28, 2018 Reply

      benar, dulu Belitung hanya mantan pulau tambang timah:(

  • Rindang March 28, 2018 Reply

    Wah, lengkap sekali ya destinasi wisatanya. Dari pantai hingga kedai kopi. Favoritku sih museum Andrea Hirata. Mupeng banget pengen ke situ, pernaha baca reviewny juga dari blog teman.

  • lendyagasshi March 28, 2018 Reply

    Asiknyaa…
    Padahal di peta, Bangka-Belitung ini sebuah pulau mungil yaa..
    Begitu ada Laskar Pelangi, jadilaaah….booming dan mashaAllah, memang keindahannya gak diragukan lagi.
    Pingiiin….jalan-jalan ke Belituung.

  • April Hamsa March 28, 2018 Reply

    Wah kirain mbak Dian asli turunan org Yogya ternyata turunan Bangka jg.
    Bangka belitung duh pengen jg ke sana. Nama daerah itu melambung krn film dan novel Laskar Pelangi ya kyknya, trus ketambahan Ahok hehe.

  • Dwi Ananta March 28, 2018 Reply

    Aku juga pengen banget bisa ke Belitung. Terutama ke Pulau Lengkuas itu. Dari kecil karena buku Lima Sekawan sering berkhayal tinggal di mercusuar, tapi jangankan tinggal, lihat mercusuar dari dekat saja belum pernah.

  • Widya Herma March 28, 2018 Reply

    Semenjak belitung jadi latar film laskar pelangi. Jadi semakin tau kalo indonesia itu luas dan indah banget. Alhasil jadi ngebet banget pengen kesini suatu hari nanti. Pengen bisa foto-foto diantara bebatuannya itu hihihi

  • Rani Yulianty March 29, 2018 Reply

    bener banget, belitung merupakan salah satu destinasi impian, pantai dengan pasir putihnya begitu menggoda untuk didatangi, semoga bisa cepat bisa ke sana

  • masirwin March 29, 2018 Reply

    kira kira kalo long weekend pas ke Belitung ada promo traveloka gak yah???

  • Timo March 30, 2018 Reply

    Duh sedih bgt dulu waktu ke Belitung ga bs masuk mercusuarnya dan naik ke atas krn lagi ditutup hiks :(

  • Marfa March 30, 2018 Reply

    Wah mba, tadi niatnya mo milih kepengin di museum kata aja, eh kok makanannya menggiurkan, tempat kopinya juga. Ya allah aku jadi pengin ke sini juga mba, semoga kalau ada kesempatan dan rejeki deh

    • dian.ismyama April 4, 2018 Reply

      Ke semuanya aja, sediakan waktu 3 hari di Belitung:)

  • Nova Violita March 30, 2018 Reply

    Bayangan pulau Belitung..selalu melambai lambai..ntah kapan kaki kan melangkah kesana…

    • dian.ismyama April 4, 2018 Reply

      Seperti nyiur yang melambai ya? Hihi. Semoga segera ke sana

  • Nurul Fitri Fatkhani March 30, 2018 Reply

    Pulau Belitung memang terkenal dengan pantainya yang indah-indah ya…saya pun punya keinginan bisa berlibur menikmati pantai dengan pasir putih dan batunya yang besar-besar.
    Seru kayaknya bisa jalan-jalan di sana lalu naik ke atas mercusuarnya.

  • Sally March 30, 2018 Reply

    Aku ya kalau disuguhi cerita tentang pantai² cantik di Indonesia, selalu ngebatin….du du du kapan bisa ke sana.

    Penasaran sama kedai kopi dan warung mie nya, mbak….pasti enak haahaha tetep makanan mlulu yang dilihat

    • dian.ismyama April 4, 2018 Reply

      Pasti bisa, kuatkan tekat dan doa. Haha makan itu kebutuhan soalnya:)

  • Siti Mudrikah March 30, 2018 Reply

    Ali pngen bgt ke pulau lengkuas pngen naik ke mercusuar, selama ini pantai yang aku singgahi blm ada yg pnya mercusuar, duh pasti seru bisa liat pemndangan dr atas mercusuar.

    • dian.ismyama April 4, 2018 Reply

      Akk, apalagi mersucuarnya udah berdiri lama ya, jadi makin bersejarah

  • Ainun March 30, 2018 Reply

    penasaran ama kopi dan mie ateo yang terkenal itu

  • Jiah March 30, 2018 Reply

    Belum ke Belitung, tapi udah sering baca cerita mereka yg habis dr sana. Pantai batu banyak oke, sama Kampung Ahok. Untuk museum, itu ada krn Andrea ya

  • Hellofika March 30, 2018 Reply

    Dulu sering banget ke bangka Dan belitung. Krn kalau Dr palembang tinggal Naik speedboat. Nginep dirumah teman. Hemat banget. Hahahaha tapi skrg udah tinggal di Jakarta.

    Aku simak tips pemesanan tiket Dan hotelnya ya. Kangen belitung jg nih

    • dian.ismyama April 4, 2018 Reply

      Wah iyakah Mbak? Bisa naik speedboat? Sip Mbak, cuzz ke Belitung lagi

  • Nabela March 30, 2018 Reply

    September tahun lalu aku liburan ke Bangka dan emang bener lautnya bening banget. Pantainya kece parah. Aku alergi seafood sebenarnya, tapi makan seafood di Bangka aman dan gak gatel”. Ikan di sana seger banget berarti. Sukaaaa…

    • dian.ismyama April 4, 2018 Reply

      Eh kayak ibuku, alerginya cuma sama seafood yang nggak segar. Sedangkan kalau segar mah nggak alergi

  • Tukang Jalan Jajan March 30, 2018 Reply

    Sudah 2 kali kebelitung dan selalu menemukan hal yang menyenangkan. Banyak hal baru yang bisa jadi objek baru untuk dikunjungi. Apalagi jaman sekarang semua pemesanan tiket dan akomodasi sudah mudah. lewat genggaman, tinggal ngumpuin duit aja

  • Peri Hardiansyah March 31, 2018 Reply

    Widihhh, amam dan mudah yakk, asikk liburan lagii.. (^v^)

  • Himawan Sant April 1, 2018 Reply

    Aku selalu tekesan dengan bentuk bebatuannya, khas banget.
    Mudah dikenali kalo itu lokasinya di Bangka Belitung.

Leave a Reply

error: Content is protected !!