qlapadotcom

Belanja di qlapa.com, #CintaProdukLokal dan Handmade Asli Indonesia

facebooktwittergoogle_plusredditmail
“When you buy something made by a person, there is something spesial there, and you do feel it. The consiousness with which a thing is made, is often more important than the thing itself.” – J. Donald Walter-

Quote di atas merupakan salah satu alasan saya mengapa suka membeli barang handmade. Kalau boleh sedikit mengenang masa lalu, saya termasuk perempuan yang suka dengan produk etnik dan handmade. Mulai dari gelang unik dari Way Kanan, Lampung. Kalung berbahan batik dari Jogja, tas lurik, dan sebagainya. Buat saya, barang-barang asli Indonesia itu bagus banget. Nilai seninya tinggi. Motifnya bahkan memiliki makna filosofis. Makanya kalau saya bepergian ke daerah di Indonesia, saya biasanya membawa oleh-oleh handmade khas dari sana.

Apa saja sih tips menemukan produk handmade agar nggak salah pilih?

1. Beli langsung di tempat asalnya

Kalau mencari batik Pekalongan ya beli di Pekalongan. Kalau ingin menemukan kain tapis yang asli ya ke Lampung. Kalau mencari tas, sepatu kulit ya ke daerah penghasil kulit sapi, misalnya di Jogja ada kawasan Manding. Membeli di tempat asalnya berarti lebih terjamin keasliannya.

2. Beli langsung ke pengrajinnya

Meski sama-sama di Jogja, tapi bila kita membeli di toko besar, harganya sudah lebih mahal. Toko oleh-oleh memang memudahkan kita. Sama sih kayak saya, kalau waktu liburan cuma sebentar, apalagi bareng rombongan, tentu lebih memilih ke pusat oleh-oleh.

Lain halnya jika kita punya waktu yang panjang, bisa langsung mengunjungi pengrajinnya, sehingga harga yang didapat lebih miring. Saya beberapa kali datang langsung ke produsen, dan benar, produk handmade tapi harga murah meriah. Beda dengan yang sudah masuk toko. Bonusnya, saya bisa melihat langsung proses pembuatan produk handmade tersebut.

Saya beri contoh saat berkunjung ke keramik klampok Banjarnegara, seru lho dapat menyaksikan bagaimana keramik dibuat, dikeringkan, hingga diwarnai. Saya juga pernah mengikuti acara ke pusat produksi batik di Pekalongan. Lengkap gitu ada alur membatik mulai dari membuat pola, mengisi kain menggunakan malam dan canting, pencelupan warna, hingga penjemuran kain batik. Ada juga galeri yang memajang berbagai motif batik Pekalongan, sekaligus kita bisa membeli produknya.

3. Bila membeli secara online, pastikan di tempat yang terjamin

Kalau harus mendatangi semua tempat asal atau pengrajin produk handmade asli Indonesia, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Buat ibu-ibu kayak saya, rasanya sayang uangnya, bisa buat beli kebutuhan anak. Kecuali ketika Pak Suami ada acara kantor gitu, saya bisa nitip beberapa barang unik yang ada di lokasi acara beliau. Atau ketika saya mengikuti acara travel blogger, beruntung banget bisa sekalian belanja produk dari pengrajinnya langsung. Sedangkan untuk daerah yang belum pernah saya kunjungi bagaimana? Bisa sih nitip teman yang ke sana, tapi kadang nggak enak juga ya, terkesan merepotkan, kecuali memang teman tersebut membuka jasa titip.

Oleh karena itu, nggak jarang saya memilih membeli secara online. Saya mempunyai beberapa kenalan yang memang pengrajin produk lokal, maka saya pun membeli ke mereka, karena yakin terhadap kualitas barangnya, dan percaya dengan keasliannya. Nggak mudah lho menemukan tempat belanja online yang terjamin keaslian produk handmade -nya, sehingga produk handmade yang bisa saya beli secara online pun terbatas hanya jika saya kenal penjualnya. Padahal masih banyak barang unik lainnya asli Indonesia yang saya taksir, tapi nggak tahu harus mencari kemana.

Qlapa.com Pusatnya Produk Handmade Pilihan yang Terkurasi

qlapa produk homemade

Alhamdulillah sekarang ada qlapa.com, pusat produk lokal dan handmade asli Indonesia. Qlapa.com ini merupakan website pusatnya produk buatan tangan pilihan yang terkurasi. Jadi kita bisa menemukan produk handmade lokal asli Indonesia dengan kualitas yang terbaik. Produk yang dijual di qlapa.com dibuat langsung oleh pengrajinnya, sehingga kita bisa mendapatkan harga terbaik, bahkan bisa customize alias mengatur atau memodifikasi pesanan sesuai kebutuhan dan keinginan kita.

Untukproduk yang customized akan ada tulisannya. Produk yang yang preorder pun juga dijelaskan di deskripsi, disertai berapa lama masa preorder -nya, sehingga konsumen tidak bingung misalnya mengapa produk belum sampai (padahal preorder). Nah, dimana lagi bisa belanja online produk handmade dan bisa customize?

Yang namanya produk handmade kan dibuat oleh tangan, satu per satu, bukan dibuat oleh mesin atau pabrikan. Makanya produknya bisa unik-unik, jarang ditemukan di tempat lain. Qlapa.com menawarkan berbagai produk handmade asli Indonesia, baik yang modelnya tradisional maupun modern. Sewaktu browsing, saya sendiri melihat banyak variasi produk. Ada yang desainnya minimalis, etnik, kuno, maupun kekinian.

Proses kurasi adalah cara yang dilakukan oleh qlapa.com untuk menjaga mutu barang yang dijual di situs ini. Qlapa.com memilih dan memilah produk handmade yang sesuai dengan syarat tertentu. Mereka memastikan foto dan penjelasan produknya jujur sesuai aslinya, sehingga pembeli tidak merasa dibohongi. Ingin tahu lebih lanjut tentang kurasi yang merupakan value qlapa.com? Baca pengalaman saya berbelanja di qlapa.com ya.

Pengalaman berbelanja di qlapa.com

dompet homemade

Dompet kulit dari qlapa.com bikin penampilan makin menarik

Pilihan produk bervariasi

Saya sendiri sudah mencoba berbelanja di qlapa.com. Ada berbagai pilihan kategori, mulai dari wanita, pria, anak, rumah dan dekorasi, gadget dan peralatan, perayaan dan hadiah, perawatan dan kecantikan, serta pilihan editor. Dari tiap kategori tersebut masih ada beragam label. Yang menarik, ada juga penampakan produk paling populer di tiap kategori. Jadi bisa lihat mana produk yang banyak disukai, laris, bahkan yang sedang promo melalui penampakan tersebut.

produk qlapa

Kualitas Produk Sesuai Foto dan Deskripsinya

Beberapa minggu yang lalu, saya membeli dompet kulit di qlapa.com dengan nama Dompet Kulit Asli Wanita Ukiran Handmade Kulit Sapi Coklat Mandala. Modelnya sesuai selera saya, motif di bagian depannya juga etnik.

dompet etnik

Saya langsung membayar esok harinya, tetapi lupa konfirmasi. Kemudian saya mendapat email dari qlapa.com kalau pesanan saya dibatalkan. Wah, panik dong ya. Buru-buru saya email ke support@qlapa.com menyatakan bahwa saya sudah membayar. Alhamdulillah responnya cepat sekali. Hanya dalam beberapa menit, pesanan saya sudah dikembalikan sehingga bisa diproses oleh penjualnya. Nggak sampai dua hari, dompet tersebut sudah datang =)

obat jerawat

Sekitar beberapa hari yang lalu, karena puas dengan qlapa.com, saya berniat mencari kosmetik untuk jerawat. Dapat deh merek Bye Acne! Face Oil. Minyak ini kandungan utamanya adalah Grapeseed Oil yang merupakan carrier oil yang kering sehingga sangat cocok untuk kulit berminyak. Kemudian terdapat Malaleuca (Tea tree), Lemon oil dan Vitamin E yang berguna untuk menghilangkan bakteri-bakteri penyebab jerawat, mencerahkan wajah dari noda bekas jerawat dan juga kusam. Selain itu juga mengandung Jojoba Oil dan Lavender Oil. Nah, beneran produk alami nih.

Selain itu, saya juga mau mencoba lulur. Setelah searching di kategori perawatan dan kecantikan, label perawatan tubuh, sub label lulur dan masker tubuh, ketemulah lulur/scrub merek Cendani Ayu. Saya memesan Cendani Ayu Organik Rice Natural V-Scrub. Dari namanya sudah ketahuan kalau fungsinya untuk mengharumkan dan membantu mencerahkan daerah lipatan selangkangan. Bahannya alami, terdiri dari organic rice, citrus hystrix, piper betle, dan seaweed extract. Selain itu, saya juga memesan Cendani Ayu Coffee-Natural Cellulite Scrub. Manfaatnya untuk memudarkan selulit, dan mengencangkan kulit. Bahannya natural, yaitu black coffee, organic rice, dan seaweed extract. Yang ketiga, Cendani Ayu Strawberry – Lemon Natural Face Mask. Mengandung strawberry, organic rice, citrus hystrix, dan seaweed extract yang kaya vitamin C untuk mengangkat sel kulit mati, menyamarkan bekas jerawat, dan menyehatkan kulit wajah.

Teman-teman bisa melihat bahwa ternyata produk lokal banyak pilihannya. Bahan-bahannya pun alami, bisa ditemui di Indonesia. Ini merupakan peluang bagi pengusaha lokal untuk mendunia lewat qlapa.com.

Pembayaran Mudah

rekening qlapadotcom

saya biasanya memilih metode transfer. Dapat dilihat ada banyak pilihan bank

Proses pembayarannya ada banyak pilihan, baik transfer ATM, melalui supermarket rekanan, hingga via klikpay. Nanti setelah memilih metode pembayaran, maka akan muncul total harga disertai angka unik di bagian belakangnya. Sesudah membayar, kita tinggal konfirmasi ke halaman website qlapa.com agar pesanan segera diproses.

Customer Support Qlapa.com Memuaskan

Pesanan scrub dan masker saya tidak kunjung datang. Ternyata penjual tidak dapat memenuhi pesanan tersebut. Saya tahunya ya dari pihak qlapa.com

Tim qlapa mengirimkan SMS pemberitahuan sekaligus menanyakan rekening bank untuk mentransfer balik uang yang sudah saya bayarkan.

customer care qlapa

 

Enggak sampai dua hari, uang pembayaran sudah ditransfer kembali ke rekening saya. Proses refundnya cepat sekali sehingga saya sebagai konsumen merasa diperhatikan. Ini adalah salah satu keunggulan qlapa.com. Ketika ada masalah dalam hal apapun, respon mereka sangat cepat dan ramah. Dua jempol deh untuk CS nya.

#CintaProdukLokal dengan belanja di qlapa.com

qlapadotcom

Qlapa.com merupakan pusatnya produk handmade pilihan yang terkurasi. Sampai hari ini, produk yang saya beli terbukti berkualitas. Jadi benar bahwa produk yang dijual di qlapa.com sudah dikurasi oleh qlapa.com. Deskripsi produkpun sangat lengkap dan jelas, sehingga kita sebagai konsumen tidak khawatir dibohongi atau membeli produk yang tidak sesuai gambar, palsu, atau tidak sesuai deskripsi.

Saya puas berbelanja di qlapa.com, mudah banget menemukan produk handmade berkualitas dari Jakarta, Bali, Jawa Timur, dan seluruh Indonesia. Nggak hanya mudah, belanja online di qlapa.com juga nyaman dan aman. #CintaProdukLokal jadi lebih mudah direalisasikan ketika ada website khusus seperti qlapa.com

Jadi sekarang sudah tahu, kan, kalau mencari produk lokal dan handmade unik di Indonesia secara online bisa kemana? Ya ke qlapa.com aja.

(Visited 212 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

56 Comments

  • Nunung Nurlaela April 30, 2018 Reply

    Waah, jadi pingin nyoba belanja ke qlapa.com
    Makasih, ulasan keren dan lengkapnya, Mak Dian… bermanfaat
    banget 😍

    • dian.ismyama May 2, 2018 Reply

      Sama2 Mbak Nunung. Aku udah beberapa kali beli di sana dan puas

  • inna riana May 2, 2018 Reply

    produk di qlapa bagus2 ya.
    aku kemaren beli tas dan baju. puas banget dengan kualitasnya :)

    • dian.ismyama May 2, 2018 Reply

      Tuh kan bener, aku juga puas. itu karena mereka ada sistem kurasinya

  • Lidha Maul May 2, 2018 Reply

    Kalau saya pengen beli pernak-pernik kayu tuk fotografi.
    Cantik2 di Qlapa 😀

    • dian.ismyama May 2, 2018 Reply

      Idem aku juga lagi belajar food fotografi terus mupeng perkayuan di qlapa

  • Putu sukartini May 2, 2018 Reply

    Wah keren ya layanannya qlapa
    Jadi penasaran pengen nyoba juga
    Btw itu dompetnta cakeeeeep

  • Relinda Puspita May 3, 2018 Reply

    Wuih, langsung belanja dompet,cya, Mbak.

  • Doel May 4, 2018 Reply

    Ini macem marketplace atau ecommerce ya, mbak? Pas dikirim barang yang dipesan itu apakah alamatnya dari Qlapa.com langsung atau dari penjualnya?

  • Khoirur Rohmah May 4, 2018 Reply

    Aku juga puas banget mbak, belanja di Qlapa.com
    Belanja tas handmade, bikin ketagihan belanja produk lokal lagi heee

    • dian.ismyama May 4, 2018 Reply

      wah pernah beli tas ya? iya bener kan produk lokal bagus

  • Liza May 4, 2018 Reply

    aku juga belanja di Qlapa mbak, suka banget sama barang2 handmadenya.

  • lendyagasshi May 4, 2018 Reply

    Dompetnyaaaa…
    Aku pernah punya ((karena oleh-oleh)) dari Jogja apa yaa…
    Dan serius, ini awet banget.

    Aku kagum sama handmade yang bisa aweett dan modelnya #kekinian.

  • Marfa May 4, 2018 Reply

    Qlapacom memudahkan untuk nyari handmade dan mendukung pengrajin lokal ya mba, terus itu skincarenya aku mupeng ih pengin nyobaaa 😀

    • dian.ismyama May 4, 2018 Reply

      Iya Mbak bener banget jadi memudahkan.Ayo coba cari produk beauty natural di qlapa

  • unggulcenter May 4, 2018 Reply

    Qlapa memang perlu apresiasi dan dukungan karena barang2nya Vintage n handmade lokal. Harusnya bs sampe bersaing internasional

    • dian.ismyama May 4, 2018 Reply

      Sepakat Mas. Melihat produk handmade Indonesia yang kualitasnya bagus2, kayaknya oke juga nih kalau qlapa menyediakan laman berbagai bahasa

  • Achmad Humaidy May 5, 2018 Reply

    Aku juga cinta produk lokal. Tadinya mau ikut lomba blog Qlapa juga, tapi apa daya banyak deadline lain yang menunggu*

    • dian.ismyama May 5, 2018 Reply

      Wuih deadline-nya banyak nih. Memang pada suka produk lokal ya

  • April Hamsa May 5, 2018 Reply

    Ku suka aplikasi ini, kalau liat properti kayu2 lucu2 buat foto hahaha.
    Wah ternyata belinya langsung di pengrajin gtu ya, moga membantu memajukan industri kyk umkm di Indonesia ya qlapa.com ini TFS

  • William Giovannni May 5, 2018 Reply

    Menarik dengan pilihan yang dibuat secara handmade dan bisa custimized, patut diapresiasi juga dengan mengajak kita mencintai produk lokal. Motif pada dompetnya juga bagus ya, jika handmade memang lebih tahan lama ya.

    • dian.ismyama May 7, 2018 Reply

      Iya bisa customize ini merupakan keunggulan qlapa.com

  • suga setiawan May 5, 2018 Reply

    Qlapa keren. Barangna kreatif dan unik. Kalau cari kado unik bisa mulai dari qlapa

  • Timo May 5, 2018 Reply

    Wah iya bener, aku pun suka bli hasil kerajinan di kota asal misal pas lg jalan ke sana, biasanya sih kain batik hehe

    • dian.ismyama May 7, 2018 Reply

      Hehe sekarang nggak perlu ke kota asalnya. Tinggal buka hp aja terus klik qlapa.com

  • Diah Kusumastuti May 5, 2018 Reply

    Barang-barang handmade emang unik gitu ya Mbak. Apalagi yg dijuak di Qlapa, sudah terkurasi. Jadi selain unik kualitasnya juga terjamin :)

    • dian.ismyama May 7, 2018 Reply

      Iya Mbak.Kurasi itu penting banget menurut saya. Jangan sampai yang dijual produk KW

  • ruziana May 5, 2018 Reply

    Awal baru launching sy udah minat dgn barang di qlapa, tp pas cek pengiriman eh kota sy blm masuk.
    Semoga sekarang kota sy udah masuk dlm daftar kota pengiriman

  • Rani Yulianty May 5, 2018 Reply

    produk di qlapa.com lucu-ucu, harganya masih terjangkau, saya mupeng sama batik dan sendal-sendalnya

  • Tomi May 5, 2018 Reply

    Aaya sering mba berkunjung ke Qlapa karena barang handmadenya unik-unik dan keren2… harganya juga bersaing dengan produk brand lain.. ada info voucher gak ya mba untuk di qlapa.. pengen cari sepatu kulit nih

    • dian.ismyama May 7, 2018 Reply

      Iya sepakat Mas. Banyak produk etnik yang kualitasnya di atas rata-rata. Nanti kalau ada voucher aku kabari ya

  • belum pernah belanja di qlapa.com, tapi kayaknya jadi tertarik buat nyoba belanja disana. soalnya aku juga termasuk yang suka barang-barang etnik dan handmade, feelnya beda aja ketimbang ketika pakai barang-barang non etnik. Sama senengnya ketika pakai suatu benda/aksesoris handmade ataupun yang saya buat sendiri, rasanya ada kesenangan tersendiri ketika memakainya.

  • Jiah May 5, 2018 Reply

    Selain fashion ternyata ada produk kecantikanya juga ya. Mantep nih qlapa ini. Apalagi produknya lokalan karya negeri sendiri

  • masirwin May 5, 2018 Reply

    Qlapa menjembatani kita dengan pengerajin kreatif,, terkadang sulit menemukan barang unik dari buatan tangan.. dengan Qlapa saya banyak menemukan barang yang cocok untuk menghias kamar maupun ruang tamu :)

    • dian.ismyama May 7, 2018 Reply

      Sepakat Mas. Aku juga merasa terbantu tanpa harus titip temen yang lagi liburan:)

  • Hellofika May 5, 2018 Reply

    Aku jg sudah intip intip qlapa dot com. Tapi sayang Ada sepatu incaranku size yg Kumau udah ga Ada lagi huhuhu.

    Seneng deh skrg udah Ada tempat belanja online khusus produk produk lokal yak

    • dian.ismyama May 7, 2018 Reply

      Hihi iyakah mbak size ga ada? Iya senang ada belanja online khusus kayak gini

  • Qlapa ini unik barang barangnya dan yang paling penting dia support UMKM lokal untuk go online sehingga bisa menjangkau banyak pelanggan diseluruh Indonesia

    • dian.ismyama May 7, 2018 Reply

      Sepakat Mas. Produk kualitasnya oke. Suport UMKM jadi konsumen juga senang bisa membantu rakyat kecil

  • Peri Hardiansyah May 5, 2018 Reply

    wooo.. kalo bisa membantu memajukan geliat ekonomi produk lokal mah muantap banget mbak, ditambah dengan fitur pembelian langsung ke pengrajin, jadi puasttii murah.. nice 😀

  • Nova Violita May 5, 2018 Reply

    Kalo handmade biasanya jauh lebih mahal .yatapi kualitasnya terjamin karena pakai barang asli..

    Ntar ..cuci mata deh ke Qlapa.com

    • dian.ismyama May 7, 2018 Reply

      Iya Mbak. Kayak quote di atas. Handmade itu proses kreatif nya yang bernilai tinggi

  • Eni Rahayu May 7, 2018 Reply

    Misal mau jual produk di qlapa, mbak Dian tahu gak gmn caranya? Kebetulan adik saya suka berkarya. Hehe…
    Baca postingan mbak jadi pengen belanja di qlapa juga

Leave a Reply

error: Content is protected !!