Acer Liquid Z320, Solusi Smartphone Aman dan Bermanfaat untuk Anak

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Acer Liquid Z320, Solusi Smartphone Aman dan Bermanfaat untuk Anak

Acer Liquid Z320, Solusi Smartphone Aman dan Bermanfaat untuk Anak

“Jangan kenalkan gadget untuk anak di bawah 2 tahun”

Itulah tagline parenting yang sering saya baca. Terus terang, saya sendiri lupa kapan tepatnya memperkenalkan smartphone pada balita saya. Mungkin sewaktu proses penyapihan dulu, ritual tidurnya kadang memang berganti menjadi menonton video anak-anak. Mau nggak mau karena nggak kenal dengan dot/ botol susu, jadilah aktivitas membaca buku, bermain di kamar dan mendengarkan lagu/ video anak via handphone jadi pengganti menyusui. Itu dulu, saat anak masih kecil dan tidak begitu mengerti fungsi smartphone. Kalau sekarang?

 

Di usianya yang sudah 4 tahun, anak saya makin penasaran sama yang namanya teknologi canggih tersebut. Sudah pernah mewarnai, menggambar, bermain game edukasi, bahkan memotret sendiri dari kamera smartphone. Tentunya, kami batasi jamnya dan kapan boleh menggunakan. Dan yang jelas harus ada orang dewasa yang menemani.

Solusi Smartphone Aman dan Bermanfaat Untuk Anak

Anak saya sendiri termasuk yang tidak betah berlama-lama dengan smartphone, entah matanya menjadi pedas, atau bosan bila hanya menatap layar terus-menerus. Nah, kalau pas melihat Bunda dan Ayahnya pakai gadget, kadang timbul irinya tuh, “Najla juga mau nonton video dong,” katanya. Padahal cuma punya tablet di rumah, sementara tablet saya ukuran 7 inci, kebesaran kalau di pakai anak-anak. Di tambah saya jadi nggak bisa kerja (browsing jurnal kuliah, ngerjain bisnis online dan ngeblog) kalau tablet dipinjam anak, hehe. Inginnya sih, anak beraktivitas di alam bebas sambil Bundanya kerja (kalau ini sih nggak mungkin bisa pegang smartphone, yang ada harus ikut main sama anak). Oleh karena itu, memang ada jam-jam tertentu di mana anak boleh menggunakan aplikasi edukasi di smartphone.

Najla pernah punya smartphone khusus lungsuran dari tantenya, yang nggak ada kuota internetnya, Cuma ada beberapa video anak di sana. Eh ternyata, bosan! Di pakai buat belajar motret terus di geletakin gitu aja deh. Apesnya, suatu malam entah bagaimana ketumpahan susu UHT, rusak deh, hiks. Jadi sekarang putri saya menggunakan smartphone dengan meminjam punya saya/ ayahnya.

Saya membayangkan di kemudian hari ketika dia sudah semakin besar, usia SD misalnya, apakah perlu ke sekolah dibekali gadget? Mengingat anak-anak zaman sekarang (sepupunya Najla) sudah ada yang punya smartphone sendiri. Memang sih, pelajaran di sekolah mereka ada yang memberikan tugas dan jawabannya bisa ditelusuri di internet, tapi bukan berarti jadi bebas ngenet tanpa batas, kan. Katanya juga ada grup whatsapp kelas, jadi kalau ada info terbaru atau tugas terbaru, anak-anak bisa langsung akses di situ. Entah untuk anak usia SMP atau SD kalau yang grup tadi. Jadi, memang mau nggak mau, anak-anak kita akan mengenal dan berinteraksi dengan smartphone nantinya.

Lalu, apa dong solusinya agar situs-situs/konten yang tidak diinginkan, nggak ke akses oleh anak?

Ini dia, produk terbaru dari Acer, yaitu Acer liquid Z320 yang memiliki fitur Kids Center!

Smartphone ini diluncurkan di ajang Internationale Funkausstellung (IFA) 2015 di Berlin, Jerman, pada September lalu. Dengan ukuran hanya 4.5-inch, layar Liquid Z320 sangat nyaman digenggam. Resolusi  854×480 pixel-nya membuat baterainya lebih hemat.

Kita lihat yuk apa saja spesifikasi Acer Liquid Z320

Spesifikasi Acer Liquid Z320

Spesifikasi Acer Liquid Z320

  1. Sistem operasi Android Lollipop

Sistem operasi ini menjadikan pengguna lebih dinamis dan responsif saat memakai smartphone Acer Liquid Z320.

  1. Prosesor Quad Core 1,1 GHz, RAM 1 GB

Prosesor quad-core berkecepatan 1.1GHz dari Qualcomm pada Liquid Z320  menjadikan baterainya lebih hemat. Sedangkan RAM seluas 1GB serta kapasitas penyimpanan internal 8GB masih dapat diperluas dengan microSD hingga 32 GB, menjadikan Acer liquid Z320 sudah sangat cukup untuk digunakan update media sosial, chatting dan browsing. Aktivitas tersebut dapat dijalankan bersamaan tanpa lemot, mantap,kan.

  1. Dual kamera, audio DTS sound

Dual kamera terdiri dari kamera utama dengan spesifikasi 5 MP. Fiturnya juga lengkap, antara lain ada autofocus, LED flash, geo-tagging, digital zoom, face detection, touch focus, dan panorama. Kamera utama ini beresolusi 2592 х 1944 pixels dan dilengkapi video dengan resolusi HD 720p. Sementara kamera depannya berspefisikasi 2 MP fixed focus dengan fitur wide selfie, sehingga dapat menghasilkan gambar 1600 x 1200 pixels. Pada kamera utama dan depan terdapat fitur voice Camera Control, yaitu dapat mengambil foto selfie cukup dengan perintah suara. Wah, sangat memudahkan nih! Nggak perlu repot klik tombol/ logo kamera kalau lagi selfie.

Adanya fitur Gourmet Mode pada kamera menjadikan Acer liquid Z320 digemari pada pengguna yang senang food photoghrapy. Cukup sekali klik logo Gourmet Mode pada layar preview kamera, maka kamera akan langsung menganalisa fokus dan menyesuaikan temperatur warna pada makanan sehingga menghasilkan foto makanan yang terlihat lebih lezat dari aslinya.

DTS Sound pada Acer Liquid Z320, menjadikan suara sangat jernih, dinamis dan detail suara akan lebih terasa. DTS Studio Sound juga dapat memberikan pilihan preset equalizer untuk memperkaya fitur musikalitas pada Acer Liquid Z320. Cocok untuk pengguna yang senang mendengarkan musik, karena dengan earphone pun hasil kualitas suaranya termasuk bagus.

  1. User Friendly Experience.

User Friendly Experience yang dimaksud adalah Acer Liquid Z320 ramah terhadap para pengguna dan anak-anak, terutama karena keberadaan fitur Kids Centre-nya.

Apa sih itu Kids Centre?

Kids Centre adalah fitur yang sudah pre install atau terinstal secara otomatis di dalam Acer Liquid Z320. Tampilannya full colour sehingga anak pun senang karena merasa dunianya banget.

Fungsinya?

Untuk membatasi konten yang di download anak, termasuk tidak dapat membeli aplikasi baru tanpa seijin spAcer. Aplikasi ini memungkinkan orangtua untuk mengatur situs web apa saja yang boleh dikunjungi dan berapa lama waktu yang dimiliki anak untuk menggunakan smartphone ini. Inilah alasan mengapa smartphone Acer Liquid Z320 saya katakan aman untuk anak.

Manfaatnya?

Manfaat KIds Centre di Smartphone Acer

Manfaat KIds Centre di Smartphone Acer

  1. Parental Control

Kids centre dapat membatasi aplikasi yang digunakan oleh anak dengan cara memantau aktivitas internet serta mengatur keamanan penggunaan. Bahkan ada cara untuk mengaktifkan Extra Safe Zone yang dapat mengunci ponsel di Kids Center meskipun telah dinyalakan ulang. Hal ini tentu saja membuat orangtua lebih tenang.

  1. Aplikasi Edukasi

Aplikasi edukasi khusus untuk anak belajar dan berkreasi, sehingga anak tidak bosan karena merasa belajar layaknya bermain. Salah satunya aplikasinya adalah Coloring Pages, yang dipenuhi gambar lucu sehingga membuat anak-anak bersemangat mewarnai dengan smartphone ini.

  1. Aplikasi gaming dan video

Game dan video yang tersedia juga disesuaikan untuk anak. Tidak ada game kekerasan, pornografi atau sejenisnya. Video anak juga di seleksi oleh Acer Liquid Z320 sehingga dapat dinikmati si kecil sesuai kapasitasnya sebagai anak-anak. Tampilan untuk memutar video juga didesain agak khusus, yang berbeda dengan tampilan youtube, sehingga anak-anak tidak akan nyasar ke video lain yang tidak sesuai usianya.

Manfaat lain Kids Centre di Smartphone Acer

Manfaat lain Kids Centre di Smartphone Acer

  1. Kamera khusus anak

Wah pas banget nih, Najla udah mulai seneng motret-motret. Pinggiran kamera saat memotret langsung dilengkapi bingkai lucu-lucu untuk anak. Bakal bikin Najla semakin keranjingan belajar fotografi plus foto selfie dan wefie bareng Bundanya nih, hehe. Galeri foto anak juga terpisah lho dari galeri biasa, jadi memudahkan untuk mencari hasil pemotretan bersama anak atau oleh anak. Seru ya!

  1. Konten selalu terupdate

Kelebihan lainnya, anak juga dapat menikmati fasilitas update content sehingga konten yang tersedia selalu ada yang baru. Anak-anak menjadi tidak bosan dan edukasinya pun bervariasi.

Oh ya, ada satu lagi kelebihan Acer Liquid Z320, yaitu dilengkapi teknologi Blue Light Shield. Sebuah aplikasi yang membuat kita dapat mengontrol banyaknya cahaya biru yang muncul pada layar ponsel. Semakin menurun kadar cahaya biru, maka semakin turun efek negatif dari paparan cahaya di layar. Mata kita menjadi lebih nyaman di depan layar. Sebuah kelebihan yang penting nih untuk anak-anak.

Banyak ya manfaat dari Kids Centre.

Ada pertanyaan yang mengganjal nih, dengan aplikasi sebanyak itu, apakah nggak ribet saat digunakan? Ternyata aplikasi ini cukup mudah digunakan oleh anak-anak di bawah 12 tahun lho, semoga balita juga tidak terlalu kesulitan ya. Pengaturan yang disediakan untuk orangtua mudah dipahami. Intinya, Ayah dan Bunda, tinggal membuat akun untuk melakukan berbagai pengaturan, termasuk konten yang dapat diakses anak. Mudah, kan?

Jadi, sekarang sudah nggak ragu lagi, kan mengenalkan gadget pada anak? Sudah ada Acer Liquid Z320 sebagai solusi smartphone aman dan bermanfaat untuk anak.

banner

(Visited 321 times, 2 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

4 Comments

  • inda chakim January 31, 2016 Reply

    makin naksir sm ni acer..
    bwt si kecil ken kayaknya oke jg nih

  • Rahma February 1, 2016 Reply

    hapenyaa keren, saya juga udah buat reviewnya..

  • D Sukmana Adi February 5, 2016 Reply

    terkhusus untuk anak anak nih smartphone, ada parental controlnya uga..
    tapi denger denger blm banyak saingan untuk ponsel anak ya..
    acer doang deh bu kayaknya

  • rita dewi February 9, 2016 Reply

    anak2 aman, ibunya nyaman ya :)

Leave a Reply