mudik

9 Tips Mudik Asyik Dengan Kendaraan Pribadi

facebooktwittergoogle_plusredditmail

mudik

Bulan Ramadhan telah tiba. Apakah kamu sudah menyiapkan rencana untuk pulang ke kampung halaman? Mempersiapkan mudik sejak jauh-jauh hari merupakan hal yang tepat. Kamu bisa cari tiket pesawat atau kereta api karena harga akan cenderung lebih terjangkau. Namun kamu bisa juga memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi bila memungkinkan. Tentu saja ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat mudik dengan kendaraan pribadi. Apa saja? yuk disimak bersama. 

  1. Buat Daftar Barang Bawaan

Sebelum melakukan perjalanan, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Daftar barang tersebut berguna untuk mencegah lupa. Selain itu, hal tersebut juga bermanfaat untuk mengatur prioritas barang yang kamu bawa. Mulai dari yang paling penting hingga kurang penting.

  1. Cek Kondisi kendaraan

Apabila sudah menyiapkan daftar barang yang dibawa, kini kamu harus mengecek kondisi kendaraan pribadi. Periksa oli mesin dan bawa air radiator untuk menjaga kendaraan agar bebas masalah. Bila kondisinya dirasa masih kurang bagus, lebih baik membawa kendaraan ke bengkel resmi agar diperiksa secara menyeluruh.

  1. Bawa Perlengkapan Kendaraan

Pastikan seluruh peralatan tambahan tersedia di kendaraanmu. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari kondisi darurat, misalnya jika tidak ada bengkel saat berada di daerah tertentu. Peralatan kendaraan yang dimaksud adalah dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan sebagainya.

  1. Persiapkan Sparepart Cadangan

Untuk meminimalisir budget, kamu memang harus menyiapkan segala sesuatunya secara mandiri. Seperti mengecek kendaraan lebih lanjut. Pengecekan yang dilakukan antara lain performa ban, kampas rem, hingga mesin dan kabel gas. Apabila sudah lama digunakan, maka disarankan untuk mengganti yang baru. Pastikan sparepart seperti busi, sekring, tali rem, tali kopling, ban, dan lainnya tersedia di kendaraanmu.

  1. Tubuh Dalam Kondisi Prima

Tak hanya memberi perhatian pada kendaraan, kondisi badanmu juga perlu dijaga. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang fit. Pastikan dirimu dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk istirahat. Istirahat yang dianjurkan adalah setiap empat jam.

  1. Isi Kembali Kotak P3K

Periksa dan isi kembali kelengkapan obat di kotak P3K -mu. Beberapa barang penting seperti minyak angin, balsem hingga obat-obatan ringan menjadi perlengkapan wajib untuk pertolongan pertama. Periksa juga apakah obat-obatan yang ada sudah melewati waktu kadaluwarsa atau tidak.

  1. Hiburan Lengkap

Saat mudik lebaran, macet menjadi hal yang kerap ditemui di hampir seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, sebaiknya lengkapi koleksi entertaiment di kendaraanmu. Misalnya saja koleksi kaset, CD, MP3 film hingga e-book untuk mengurangi rasa bosan .

  1. Posko Gratis Kendaraan

Beberapa perusahaan otomotif biasanya membuka posko layanan gratis di sejumlah titik di jalur mudik. Mereka juga menyediakan satu nomor darurat yang bisa dihubungi jika ada pemudik yang mendapat masalah dengan kendarannya. Kamu bisa mencari informasi mengenai lokasi posko-posko tersebut berada.

  1. Paket Data dan Baterai.

Smartphone identik dengan kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon selulermu dalam kondisi penuh. Jangan sampai dalam keadaan darurat, teleponmu tidak bisa digunakan.

Semoga 9 tips mudik dengan kendaraan pribadi di atas bermanfaat ya. Jadi, mau mudik kemana hari H minus berapa?:)

(Visited 41 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

3 Comments

  • mysukmana May 19, 2018 Reply

    Dulu sering diajak mudik ortu solo ambarawa semarang..skg mudiknya deket..cuma kab.sebelah..

  • @bangsaid May 25, 2018 Reply

    Wah, aku lom pernah kalau mudik beneran bawa kendaran pribadi. Soalnya jauh mba. Mau ga mau naik pesawat. Tapi entahlah kalau nanti anak udah nambah lagi. Mungkin lebih irit bawa kendaraan sendiri kali ya

Leave a Reply

error: Content is protected !!