7 tips mengoptimalkan blog

7 Tips Mengoptimalkan Blog

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Halo, weekend pada kemana nih? Saya hari ini ikutan Kelas Inspirasi Cilacap. Ada yang belum tahu Kelas Inspirasi itu apa? Coba deh googling.

Saya nulis di blog itu enggak sengaja. Memang sih sejak kecil, saya suka nulis. Pas SD seringnya bikin cerita fiksi adaptasi dari telenovela di zamannya (Maria Mercedes dkk😆). Pas SMP dan SMA berpindah ke diary, cerita kejadian sehari-hari. Begitu udah kuliah, mana sempat, sibuk euy. Kuliah dari pagi sampai sore, masih ada praktikum, dan malamnya nulis laporan praktikum. Tulis tangan pula😭.

Pas udah kerja masih nulis diary sesekali. Waktu sudah menikah dan jadi ibu, tambah enggak sempat. Sampai akhirnya aku berkenalan dengan dunia bisnis sehingga berniat memasang banner di blog orang lain. Saya pikir, daripada bayar, mending pasang di blog sendiri aja😁 (mamak irit). Padahal blog berdomain sendiri ya bayar, haha.

Singkat cerita, tiga tahunan belakangan, saya semakin intens nulis. Yang tadinya buat “terapi jiwa”, ternyata lama-lama dapat banyak manfaat dan kesempatan dari ngeblog.

Saya enggak pernah kebayang bakal terjun di dunia ini. Makanya begitu ada pendaftaran Kelas Inspirasi Cilacap, saya semangat mendaftarkan diri sebagai blogger.

Anak-anak SD harus tahu, ada pekerjaan menyenangkan bernama blogger. Mereka tetap bisa melakukan hal yang disukainya, tanpa perlu khawatir soal penghasilan😊 (aku enggak bakal bahas soal uang ding ke anak SD. Biarkan mereka menikmati masa bermain nan indah😁).

tips mengoptimalkan blog

Setuju enggak sama quote di atas? Saya sih yes. Ngeblog itu bukan kayak ilmu roket. Kita cukup menjadi diri sendiri, dan memberikan sentuhan kita ke dalam apa yang ditulis di blog. Iya, semudah itu.

Sebelum sampai pada tips mengoptimalkan blog, saya mau cerita dikit tentang pemanfaatan blog. Kalau dulu tujuannya buat marketing bisnis dan kadang-kadang curhat. Nah, teman-teman milenial yang baru awal-awal ngeblog bisa banget menuliskan unek-uneknya. Tapi ingat, ada 3 prinsip dasar kalau ingin menulis di internet, termasuk blog, yaitu jujur, bermanfaat, dan enggak menebar kebencian/menyakiti orang lain. Kalau ada salah satu prinsip yang dilanggar, mending nulis di diary saja, atau artikel blog nya di privat biar enggak bisa dibaca sama orang lain. Kenapa? Karena sekarang ada yang namanya UU ITE, salah-salah malah tulisan kita dilaporkan.

Kenapa kaum milenial sebaiknya ngeblog? Tujuannya agar lebih berfaedah dalam berinternet. Yakin deh, ada banyak keuntungan dan kesempatan yang bisa teman-teman dapat dari blog.

Tips Mengoptimalkan Blog

Nah, sekarang saya mau kasih tips bagaimana mengoptimalkan blog. Tips ini berdasarkan pengalaman ya.

1. Konten is a King

Yang utama memang konten. Meskipun blog kita ada di page one, tapi kalau saat diklik isi tulisannya enggak banget, atau malah hoax, waduh yang ada pembaca malas balik.

Konten yang bagus akan membuat pengunjung betah. Konten yang bermanfaat tentu akan dicari oleh banyak orang sehingga page view juga tinggi. Agar blog menjadi optimal, pastikan konten dibungkus dengan penulisan yang membuat pembaca tertarik. Entah dari segi gaya bahasa, maupun segi template blog, dan pernak-pernik dalam tulisan.

Bagaimana caranya mencari tahu konten yang sedang diminati? Ternyata bisa dicek di Google trend lho. Ada versi Indonesia dan luar negeri. Atau bisa cek trending topik Twitter. Teman-teman dapat juga menulis konten yang dicari sepanjang masa. Misalnya cara mengatasi jerawat, tips mengasuh anak, resep makanan tertentu, dan sebagainya.

2. Foto Menarik dan Lengkapi dengan Video

Blog tanpa foto seperti sayur tanpa garam. Jadi kurang menarik. Meski konten is the king, tapi foto juga punya peran besar. Foto dapat menggambarkan apa yang tidak tercantum di tulisan. Bahkan kadang foto dapat lebih bercerita.

Saya sendiri tidak serta merta dapat menghasilkan foto yang ciamik. Saya belajar melalui workshop-workshop yang diadakan oleh para fotografer. Lalu praktek sendiri sebagai latihan. Semakin sering memotret, hasil foto akan semakin bagus, karena kita terlatih untuk menangkap momen.

Foto juga berperan dalam SEO yaitu dengan cara memberi nama foto sesuai kata kunci. Banyak lho pengunjung blog yang berasal dari pencarian ganbar di mesin pencari.

Saat ini, media tulisan perlahan berganti ke video. Bermunculan youtuber dan vlogger baru. Video memang menyajikan tampilan audio dan visual sehingga orang yang menontonnya lebih mengerti apa yang dimaksud pengunggahnya.

3. Dekat di Hati Pembaca

Pembaca itu seperti pelanggan toko teman-teman. Penjual yang baik adalah penjual yang mengenal konsumennya. Kenali data pembaca melalui laporan Google Analitik agar teman-teman dapat menulis sesuai kebutuhan mereka.

Membalas coment pembaca juga merupakan cara jitu untuk mendapatkan pembaca loyal. Berinteraksi lah dengan mereka, tanyakan apa tema apa yang mereka inginkan untuk kita tulis. Bila mampu, tulislah.

4. Share ke Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter dipakai oleh sebagian besar kaum milenial. Tak dipungkiri, selain via Google, beberapa pembaca mengklik blog saya via media sosial.

Optimasilah blog teman-teman dengan mengoptimasi media sosial. Media sosial yang menarik dan update, akan membuat pembaca lebih percaya untuk mengklik link blog teman-teman.

5.Tingkatkan Networking

Siapa bilang networking tidak berperan? Justru saya merasakan bahwa networking atau pertemanan adalah jalan untuk mengoptimalkan blog.

7 tips mengoptimalkan blog

Banyak banget kerjaan ngeblog yang saya dapat dari teman. Dengan terus meng- update blog, otomatis blog enggak lumutan, dan pembaca menjadi senang.

Memiliki networking artinya teman-teman beruntung. Mereka akan men- support baik dengan cara ikut men- share tulisan teman-teman di media sosialnya, maupun merekomendasikan tulisan ke orang lain. Jadi, tidak berarti blogger itu individual. Justru harus lebih terbuka menerima orang baru.

6. Belajar SEO

Search Engine Optimization bukan hal baru di dunia blog. Tapi tidak banyak personal blogger yang mempraktekkannya. Padahal SEO sangat jitu sebagai tips mengoptimalkan blog.

Sebenarnya kunci SEO tidak terlalu susah, konsepnya ada di kata kunci. Berilah kata kunci pada judul, kata pertama di artikel, heading, dan image. Selain itu, jumlah kata kunci dalam satu artikel usahakan di atas 0,5%.

Kalau di wordpress ada plugin khusus yaitu Yoast SEO yang dapat melihat apakah artikel teman-teman sudah bagus SEOnya atau belum.

7. Menggunakan Top Level Domain (TLD)

Beberapa minggu ini banyak teman saya bertanya soal domain. Haruskah mereka mengganti blog gratisannya dengan TLD? Apa bedanya TLD dengan blog gratisan? Bagaimana cara memilih nama domain yang cocok dan menarik? Berapa harga domain dan hosting? Hihi, sabar ya, satu per satu saya jawab.

Sejak awal menulis di blog ini, terus terang saya langsung membeli domain dan hosting. Tujuannya apa? Ya memang saya ingin terlihat profesional.

Setelah sekian lama bergulat di dunia blog. Saya baru tahu kalau TLD dapat mengoptimalkan blog. Dengan memiliki nama domain sendiri, apalagi domain yang sesuai kata kunci, posisi blog di internet bisa naik. Dengan nama domain sendiri, sebuah  blog menjadi lebih mudah diakses.

Niagahoster menyediakan berbagai macam nama domain dengan harga miring. Teman-teman dapat memilih nama domain baik Indonesia maupun internasional seperti .COM, .NET, .ORG, .CO.ID, .SCH.ID, .OR dan .ID.  Tak hanya itu, Niagahoster juga menyediakan hosting unlimited murah. Seperti apa layanan hostingnya? Langsung baca sendiri ya:)

Itulah 7 tips mengoptimalkan blog yang saya lakukan. Saya yakin masih ada banyak tips yang dapat dicoba. Termasuk membuat personal branding.

Dengan branding yang kuat, blogger akan lekat di hati pembaca dan klien akan dengan mudah menemukan blog teman-teman.

Jadi, sudah praktek tips mengoptimalkan blog nomor berapa saja nih?

(Visited 81 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

23 Comments

  • Ima satrianto October 19, 2018 Reply

    Wah makasih tipsnya, Dian. Sisa kita konsisteni bareng2 supaya bisa berkarya lebih optimal dengan blog yg kita punya ya.

    • dian.ismyama October 20, 2018 Reply

      Thanks Manda makasih ya udah bantu aku di dunia blog dengan networking mu

  • Dhita October 19, 2018 Reply

    Aaaakk. Berasa aku kayak katak dalam tempurung, Mbak. Tapi aku pasti bisa memahami nanti. Makasih yaa infonya.

    • dian.ismyama October 20, 2018 Reply

      Ayok mbak Dhita nanti aku dampingi satu per satu

  • Yoanna Fayza October 19, 2018 Reply

    SEO oh SEO.. aku gak pernah pakai heading 1, heading 2, mulai besok mau betulin satu2 ah..

    • dian.ismyama October 20, 2018 Reply

      Semangat Mak Yo, aku juga punya PR yang sama kok. Ada ratusan artikel lama yang SEOnya belum ada karena dulu aku ga tahu

  • Ardiba October 19, 2018 Reply

    Ngoptimalin yang di judul gambar palingan. Sama ukuran gambar diperkecil biar loading blognya cepat.

    • dian.ismyama October 20, 2018 Reply

      Iya bener nih aku masih punya PR gambar2 tulisan lama yang belum kuresize dan kukasih nama, hiks

  • Hanifa October 19, 2018 Reply

    Waaah ini lho yang bikin makin semangat ngeblog. Pengen mengoptimalkan lagi konten2 di blog supaya nanti bisa jadi lebih berkualitas lagi :))

  • Ririe Khayan October 19, 2018 Reply

    Sama denganku, awalnya ngeblog just curcolan dan tdk menyangka bs mendapat banyak hal baik dr ngeblog.

    Pas pilih pakai TLD kala itu, aslinya cuma biar keren blogku sudah dot kom. Semakin kesini jadi tahu manfaat menggunakan TLD utk blog.

  • Agata October 19, 2018 Reply

    Iyaa aku setuju mbak tiap tulisan punya gayanya masing2 yang paling penting adalah jadi diri sendiri

    • dian.ismyama October 20, 2018 Reply

      Yuhu kalo jadi orang lain lama2 capek. Tapi orang lain jadiin motivasi sih oke2 aja

  • Disma October 19, 2018 Reply

    Makasih tipsnya mbaa. Selama ini ngeblog cuma ngeblog aja, rasanya kok sayang banget. Jadi semangat buat optimasi blog mulai sekarang.

  • Agi Tiara October 20, 2018 Reply

    ini bener banget sih kalo soal mengenali pembaca. data di analytics kan lengkap banget tuh, lebih dari cukuplah untuk riset kecil kecilan soal pembaca.

    • dian.ismyama October 20, 2018 Reply

      Wew bener banget udah cukup lengkap di analitik

  • Akhi Haruni October 20, 2018 Reply

    Kadang kesel juga kalau klik blog teratas tapi isinya tidak sesuai judul :( tulisan Mbak Dian halus banget. Artikel panjang juga tetep bikin engaged. Emang bener kalau KONTEN diletakkan di nomor satu. Nice tips !

    • dian.ismyama October 20, 2018 Reply

      Iya klik bait ya namanya. Thanks Mbak, tulisan kayak di atas hasil latihan nulis ratusan artikel.hehe

  • innaistantina October 20, 2018 Reply

    awal ngeblog dulu sempet pake blog gratisan, dan sempet hilang dong, gak ngerti kenapa, karena dulu masih jaman pake email yahoo yang kalo email gak diakses 3 bulan, lalu hilanglah segala isi email dan yang berkaitan dengannya

    daripada cuman mewek di pojokan karena isi blog lenyap, langsung move on buat seriusin beli TDL eh TLD 😀

    • dian.ismyama October 20, 2018 Reply

      Wow ternyata pengalamanmu luar biasa Mbak. Untung ya udah pindah TLD

  • Riana Dewie October 21, 2018 Reply

    Mb Dian tipsnya menarik nih. Teknik SEO yang harus belajar banyak, makasih yaaa mantab tulisannya 👏👏

Leave a Reply

error: Content is protected !!