5 Tempat Kece di Surabaya, Wajib Kunjung bersama Keluarga

facebooktwittergoogle_plusredditmail

Surabaya… Surabaya … Surabaya.
Kota kenangan, kota kenangan, yang tak terlupa.

Saya pertama kali mendengar nama Surabaya saat SMP, yaitu di pelajaran seni music, dimana teman sebangku saya menyanyikan lagu Surabaya. Dari situ saya tahu bahwa Surabaya adalah kota pahlawan. Begitu pun tertuang dalam buku sejarah, Surabaya dikenal sebagai kota yang bergerola dengan api kepahlawanannya.


Saya sendiri sudah dua kali ke Surabaya, keduanya dalam rangka praktek kerja, hoho. Yang pertama di tahun 2008, saat PKPA (Praktek Kerja Profesi Apoteker) di RS. Dr. Soetomo, lalu yang kedua ditahun 2016, dalam rangka praktek kerja farmasi klinis di RSAL. Ramelan. Ketika tahun 2008, saya sempat berkeliling Surabaya di sela-sela hari libur. Nah, pinginnya ke sana lagi tapi sama anak-anak dan suami.

Ada beberapa tempat yang sudah saya kunjungi maupun belum saya kunjungi dan cocok buat bawa anak-anak. Dimana sajakah tempat kece tersebut? Lanjut baca yuk!

1. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Bagian dalam kapal selam itu kayak gini, penuh kabel:D

Jangan dibayangkan kita harus ke dasar laut dulu ya buat masuk Monumen Kapal Selam. Monumen ini ada di tengah kota, yaitu berupa kapal selam yang sudah nggak terpakai lagi. Isinya ya persis kapal selam yang ada kabel-kabelnya serta tempat kemudi yang instagramable buat foto-foto. Dengan masuk ke Monkasel ini, kita dapat mengenalkan transportasi unik ke anak-anak.

2. Monumen dan Tugu Pahlawan

Mengagumi momen proklamasi.

Di awal tulisan ini, saya sudah cerita tentang kota Surabaya yang terkenal dengan kepahlawannya. Nah, untung kisah tersebut diabadikan lewat museum dan tugu. Ada patung Bung Karno dan Bung Hatta yang sedang membaca proklamasi di depan kawasan museum. Nanti masuk ke dalam ada halaman yang luas sekali, sekaligus terdapat tugu dan museum. Bagian dalam museum termasuk lengkap terdapat diorama dan berbagai cerita di zaman kemerdekaan dulu. Bagian serunya, kalau kita datang di hari minggu, maka ada Sunday Morning (seperti di Jogja) yaitu banyak lapak jualan murah (mulai dari baju, pernak-pernik anak, celana, mainan, dll) dan kuliner Surabaya yang enak. Jadi, Bunda bisa cuci mata dulu sambil nyuapin anak-anak, baru deh lanjut masuk museum.

3. Toko Es Krim Jadul Zangrandi

Foto dari surabaya.panduanwisata.id

Kalau di Jogja ada toko es krim Tempo Gellato dan toko es krim olddish Tip Top, maka di Surabaya ada Zangrandi. Waktu ke sana, saya nyobain varian es krim yang ada banana -nya, dan rasanya enak dong. Nah, kalau anak-anak diajak ke sana pasti bakalan heboh senang banget, karena bisa makan es krim dan cemilan enak lainnya.

4. House of Sampoerna

Kalau ini Bundanya yang kepingin, soalnya belum sempat ke sana pas di Surabaya. Seperti namanya, museum ini memang merupakan milik PT. Sampoerna yaitu pabrik rokok besar di Indonesia. Di dalamnya ada galeri mengenai A-Z tembakau, dan juga A-Z rokok. Saya memang anti rokok, tapi bukan berarti saya tak mengenalkannya ke anak-anak. Mereka harus tahu bahwa di dunia ini ada yang namanya rokok, yang menopang ekonomi para pekerjanya, tapi juga membuat masalah kesehatan baik bagi perokok aktif maupun perokok pasif.


5. Patung Sura dan Baya

Maaf kalau makin mual, maklum zaman ABG.

Patung sura dan buaya adalah ikon kota Surabaya. Sebenarnya letaknya di depan KBS (Kebun Binatang Surabaya) namun terakhir ke sana, tempatnya kurang nyaman dan menarik, jadi anak-anak ke patung sura dan buayanya aja lah ya, hehe. Tujuannya supaya mereka tahu bahwa kata Surabaya itu berasal dari ikan dan buaya.

Kapan ke Surabaya-nya?

Rencananya setelah selesai tesis, saya mau liburan ke Jawa Timur sama anak-anak. Tujuan utamanya ke Malang sih, tapi kami lewat Surabaya dulu biar bisa dapat 2 kota sekaligus. Oleh karena itu, jadilah saya mulai hunting tiket pesawat dan hotel sejak sekarang. Sempat merasa ribet karena harus mengecek satu per satu tempat booking tiket dan booking hotel, waktu saya jadi habis dong, hiks. Hingga akhirnya saya melihat bahwa Traveloka membuka pemesanan tiket dan hotel menjadi 1 paket, wow!

Saya pun mencoba memesan tiket dan hotel untuk bulan Juli nanti. Akan muncul kolom detail penerbangan dan detail hotel.

Pilih waktu keberangkatan dan akomodasi.

Kita tinggal memasukkan tanggal dan jumlah orang yang akan menaiki pesawat dan menginap di hotel, lalu akan muncul paket wisatanya. Nanti ada pilihan dari rentang harga terendah, tertinggi, atau dengan popularitas tertinggi.

Filter dulu sesuai kebutuhan dan keinginan.

Untuk pilihan fasilitas tempat menginap pun bisa difilter mau yang ada wifi -nya kah, kolam renangnya kah, parkir, dan sebagainya. Tipe akomodasi juga dapat dipilih, mulai dari guest house, apartemen, home stay atau hotel. Sama halnya dengan penerbangan yang dipilih, bisa maskapai apa saja sesuai keinginan kita.

Detail kamar yang saya pilih.

Akhirnya saya memilih Hotel Audah Sevana Syariah untuk tempat saya menginap. Kenapa? Soalnya foto-fotonya oke, rating hotelnya juga nyaris 9, dan lokasinya juga dekat dengan salah satu objek wisata yang akan saya kunjungi. Jangan lupa isi jumlah kamar yang dipesan ya.

Rincian harganya, yeay lebih hemat!

Setelah memilih hotel, klik lanjut dan akan muncul ringkasan pesanan beserta total harga. Ternyata harga paket hotel + pesawat lebih murah lho! Dari total 2, 058 juta jadi 1,8 juta saya, hemat 250 ribu! Lumayan banget kan? 250 ribunya bisa buat tambah-tambah budget kulineran di Surabaya, atau buat budget membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Kalau sudah oke dengan total harganya, teman-teman tinggal mengisi detail penerbangan untuk pemesanan tiket pesawat, sehingga bisa melanjutkan ke pembayaran.

Nah, tibalah saat pembayaran, dan ternyata ada banyak sekali pilihan pembayarannya, mulai dari transfer bank, klikpay, debit, kartu kredit, ATM, hingga melalui alfamart, dan indomaret.
Kalau boleh saya simpulkan, setidaknya ada 3 keuntungan booking hotel dan tiket pesawat melalui paket wisata traveloka, yaitu:

1. Pemesanannya mudah dan hemat waktu.

Dibandingkan kalau harus memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah, tentunya paket wisata lebih saving time dong ya. Hal positif lainnya, kolom yang harus diisi sangat detail dan jelas, anti ribet lah pokonya, mudah banget ngisinya.

2. Harga lebih murah daripada pesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah.

Namanya juga harga paket, biasanya memang lebih murah. Harganya memang lebih murah beneran ya, bukan karena di mark-up. Lumayan banget lah sisa uangnya bisa buat budget lain saat wisata nanti.

3. Cara pembayaran mudah dan banyak pilihan.

Ada beberapa tempat booking tiket dan hotel yang hanya menyediakan satu-dua pilihan cara pembayaran, dan buat saya hal tersebut agak menyusahkan. Saya yang nggak punya kartu kredit misalnya, jadi nggak bisa pesan tiket deh. Sebaliknya, untuk pemesanan paket wisata traveloka ini disediakan pilihan metode pembayaran.

Sebentar lagi lebaran, libur panjang, biasanya jauh-jauh hari memesan tiket mudik kan ya? Atau ada yang mau sekalian cuti buat liburan? Nah, cobain deh pesan paket tiket hotel traveloka, dijamin lebih mudah, cepat dan hemat!

(Visited 60 times, 1 visits today)
facebooktwittergoogle_plusredditmail

4 Comments

  • Ivonie May 24, 2017 Reply

    Dari kelima tmpt di Surabaya, baru nomer satu hehe

  • Wah surabayaaaaa, seruuuuu. Mau jg ke surabaya ah.. Makasih infonya Di..

  • Grace Melia May 24, 2017 Reply

    Yang udah pernah baru Zangrandi itu pun udah lama banget hiks. Makasih infonya, Mak Di

  • Katerina May 25, 2017 Reply

    Aku pingin ke toko es krim jadulnya. Pingin ke museum kapal selam. Pingin semua karena belum semua 😀

Leave a Reply